Calya Kuasai Segmen LCGC, Jazz Segmen Hatchback

Toyota Calya, produk mobil murah ramah lingkungan dengan harga terjangkau (low cost green car/LCGC)  dari Toyota  ternyata masih menguasai pasar. Dari  data wholesales  yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari Januari sampai Agutus 2017, akumulasi penjualan tujuh LCGC yang dipasarkan lima ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sudah mencapai 162.141 unit, Calya berhasil menempati urutan teratas dengan jumlah penjualan sepanjang 2017 mencapai 52.159 unit dengan market share 32 persen. Sedangkan pada Agustus, Calya terjual 5.992 unit, lebih tinggi dari bulan Juli yang hanya 5.572 unit.

Sedangkan Daihatsu Sigra menempati urutan kedua dengan penjualan 5.473 unit, sementara dari Januari hingga Agustus mencapai 28.293 unit.  Menyusul kemudian Honda Brio Satya yang terjual 26.709 unit (Januari – Agustus), sementara untuk penjualan di Agustus sebesar 3.279 unit, turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 4.143 unit. Posisi keempat dan kelima lagi-lagi ditempati duet Agya dan Ayla. Toyota Agya menyumbang penjualan 3.303 unit pada Agustus dengan akumulasi total 22.946 unit, sementara Daihatsu Ayla 1.231 unit dengan jumlah keseluruhan sepanjang 2017, mencapai 21.382 unit.

Peringkat selanjutnya adalah Datsun Go dan Go+  dengan total penjualan pada 2017, secara akumulasi mencapai  6.920 unit. Suzuki Wagon R menempati urutan terbawah, LCGC andalan Suzuki ini hanya terjual 222 unit pada Agustus.  Total penjualan, Wagon R baru berkontribusi sebanyak 3.732 unit sejak Januari sampai Agustus 2017.

Di segmen mobil hatchback, berdasarkan catatan PT Honda Prospect Motor (HPM),  penjualan kendaraan di bulan Agustus 2017 mencapai 17.690 unit. Sementara penjualan di segmen ini   sepanjang  tahun 2017 (Januari – Agustus)  secara keseluruhan jumlahnya mencapai angka 123.628 unit. Jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 9,14 persen daripada periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Di segmen ini penjualan Honda Jazz  naik 2.873 unit pada Agustus lalu  dibanding  bulan lalu (Juli)  yang jumlahnya hanya 1.112 unit. Terhitung dari acara perilisan mobil ini pada bulan Juli lalu, New Honda Jazz sudah berhasil dipasarkan sebanyak 3.985 unit. Sehingga jumlah total penjualan untuk periode Januari hingga Agustus 2017, Jazz sudah berhasil menembus angka yang cukup mencengangkan, yakni sebanyak 11.791 unit. Dengan hasil itu, Jazz sukses menjadi pemimpin di pasar hatchback dengan pangsa pasar sebesar 50 persen dari total pasar yang jumlahnya 23.812 unit.

Menurut Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy,  jika penjualan Honda pada Agustus 2017  naikan dari bulan sebelumnya. Hampir semua produk naik  termasuk dari model yang baru saja dirilis New Honda Jazz. “Dari hasil tersebut, kami optimistis pada penjualan semester kedua ini tetap  menjanjikan,” katanya dalam keterangan resminya.

Selain Jazz, produk  Honda yang penjualannya meningkat adalah  CR-V sebanyak 19,2 persen dan New Honda Brio yang  57,6 persen.  Dan yang paling tinggi adalah Mobilio yang besarnya mencapai 310 persen.  Selain unggul disegmen sedan  hatchback, disegmen lain pun Honda  juga unggul seperti  HR-V yang berhasil menguasai pasar sebesar 37 persen dan All-New Civic Turbo untuk segmen sedan mencapai 69 persen. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)