Cara Hino Meningkatkan Skill Karyawan Melayani Pelanggan

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar Customer Satisfaction  Contest (CSC) 2018 guna meningkatkan kemampuan seluruh karyawannya melayani pelanggan. Upaya itu sebagai bagian dari perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.  Dengan begitu,  diharapkan penjualan perusahaan juga dapat meningkat serta  memperkuat posisi perusahaan di pasar kendaraan niaga truk dan bus dalam negeri.

Menurut Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI,  dalam keterangan tertulisnya, Hino ingin setiap sumber daya manusia teruatama di dealer-dealer memiliki product knowledge  atau mampu menguasai  produk yang akan dijual, sehingga dapat memberikan solusi bisnis kepada setiap pelanggan yang membutuhkan armada bisnis. “Kegiatan ini  diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknik dan kerjasama tim sehingga kepercayaan konsumen dapat terus terjaga," katanya (14/11/2018).

Kegiatan yang telah memasuki tahun kedelapan ini pada pelayanan sales, service dan spare part (3S) dari dealer Hino.  Melalui kompetisi ini semua karyawan di dealer harus bekerja sama sebagai kesatuan Hino Total Support Team dalam rangka mendukung upaya pemerintah terkait peraturan standar emisi euro 4 dan bahan bakar B20 bagi kendaraan komersial.

CSC 2018  adalah program kompetisi sekaligus evaluasi staf dealer untuk memahami dan pelaksanaan Hino standard operation prosedur (SOP). Dari sini, setiap tahunnya HMSI terus memperbarui dan menyesuaikan  materi tes sesuai dengan kondisi pasar terkini.  CSC juga terdapat program edukasi  yang memungkinkan peserta dapat mengamati proses penilaian dari para finalis dan mempelajari tingkat serta proses standar operasi yang harus dicapai.

CS C 2018 diselenggarakan  di Pusat Purna Jual dan Pelatihan HMSI,  Jatake, Tangerang.  Acara ini diikuti oleh 490 peserta dari 41 dealer Hino di seluruh Indonesia. Total ada 12 kategori yang dilombakan dalam CS Contest kali ini atau lebih banyak dibandingkan dengan ajang yang sama tahun lalu, yakni 10 kategori. Kategori – kategori yang dilombakan antara lain salesman light duty truck, salesman medium duty truck, service advisor, mechanic, customer care officer, fleet part salesman, warehouse, hoyu manager, field advisor, internal dealer training (IDT), dan  kategori yang baru adalah after sales internal dealer training dan salesman bus.

Penjualan Hino pada periode Januari-Oktober 2018 mencapai 32.117 unit atau meningkat 36 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bahkan di bulan Oktober 2018 kemarin Hino New Dutro berhasil memecahkan rekor penjualan bulanan tertinggi dengan berhasil dilepas kepasaran sebanyak 1.806 unit.

Tahun ini HMSI optimistis penjualannya bakal meningkat lagi,  mengingat pasar kendaraan niaga sangat bergairah karena perekonomian dan pembangunan cukup baik. Penjualan Hino lebih banyak di sektor logistik, proyek infrastruktur dan tambang. Pangsa pasar Hino pada Januari-Oktober 2018 ini di sektor medium duty truck mencapai 63% sedangkan  Hino Dutro di kelas light duty truck meraih  pangsa pasar  20%.

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)