Chassis Bus Mercy OF 1623: Buat Bus AKAP Jarak Menengah

Era 1970 -  1990-an  jasa angkutan penumpang bus  banyak menggunakan Mercedes-Benz  seri OF (Omni Front/mesin depan) 1113. Bus ini sangat legendaris, karena sangat berjaya di era tersebut, di mana banyak operator bus seperti PPD dan AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) menggunakannya untuk angkutan penumpang. Setelah itu, OF 1113 di discontinued,  dan muncul seri OH (Omni Hinten/mesin belakang), mulai dari seri OH 1113, 1518, 1521, 1526, 1626  hingga 1836.

Namun, Mercedes-benz tampaknya ingin mengembalikan kejayaan era OF 1113.  Melalui  PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia-- agen tunggal penjualan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, Mercedes kembali  memperkenalkan chassis bus baru, bus besar bermesin depan  OF 1623 di ajang pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicles Expo (GIICOMVEC) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, 1-4 Maret 2018 lalu.

Kehadiran chassis bus OF 1623 bertenaga 230 horse power,  bermesin depan dengan gross vehicle weight 16 ton ini sejatinya sudah disinggung pada acara Mercedes-Benz Club of Millionaires di Trans Luxury Hotel, Bandung awal Desember 2017 lalu. Saat itu di hadapan para anggota klub yang terdiri dari para operator bus, Ralf Kraemer, Direktur Pengelola Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz distribution Indonesia, telah memberikan sinyal akan adanya peluncuran bus baru.

OF 1623  mengusung mesin diesel 6.370 cc  6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3. Bus ini akan berkompetisi dengan Hino A215, bus mesin depan  yang dipasarkan PT Hino Motors Sales Indonesia yang sekarang menjadi favorit para operator bus antarkota jarak menengah.

Menurut Markus Vilinger, Presiden Direktur DCVI, OF 1623  merupakan hasil dari sebuah konsep keselamatan integral secara  keseluruhan. Seluruh bus  dibuat dengan pengembangan di seluruh bidang yang bertujuan memenuhi harapan keselamatan tertinggi konsumen.

Fitur-fitur keselamatan tersebut  antara lain adalah  fitur pengereman full air brake dengan auto slack adjuster yang membuat pengereman lebih pakem dan pengemudi tidak perlu melakukan setting ulang komponen rem secara berkala.  Suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic yang dilengkapi dengan stabilizer yang nyaman serta sasis tipe ladder frame, yang tidak menggunakan  kick up frame di bagian axle belakang.

OF 1623 sudah dipasarkan  di India, Afrika Selatan dan Amerika Latin.  Di India bus ini dikenal dengan nama Bharat-Benz 1623 ini juga digunakan untuk bus antarkota. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!