Foday Landfort, SUV Esemka Garuda 1

Dalam dua hari belakangan ini dunia otomotif di Tanah Air dikejutkan dengan kehadiran Mobnas Esemka Garuda 1.

Mobil SUV yang diklaim sebagai  buatan Esemka tersebut tampak sedang diangkut dengan sebuah truk terbuka di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta.  Kalau mobil tersebut buatan Esemka tentunya jelas bukan. Karena pabrik dan fasiltas produksi-nya yang akan dikelola PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH) yang merupakan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK)--yang akan memproduksi massal Garuda 1 di pabriknya di Boyolali, Jawa Tengah, belum juga rampung.

Seperti  banyak diberitakan media massa nasional, Esemka Garuda 1 mirip dengan Foday Landfort keluaran 2017, SUV buatan Guangdong Foday Automobile Co Ltd.  Bahkan foto-foto yang beredar SUV tersebut terutama bagian belakang mirip dengan Landfort, hanya beda badge Esemka Garuda 1 yang menempel di bagian belakang mobil tersebut.

Foday Landfort  (Lan Fu)  produksi 2017 ini mulai dipasarkan di China pada Desember 2017 lalu.  Mobil SUV tujuh penumpang ini dibenderol mulai dari 120.000 hingga 160.000 Yuan.  Mengusung mesin 2.4 Liter  4G69S4N dari Mitsubishi, 136 Hp dan torsi maksimum 200 Nm. Selain itu juga ditawarkan mesin diesel  D19TC1D1  Turbo 1.9 liter, 134 Hp pada 5.200 rpm dan torsi 200 Nm pada 2500 - 3.000 rpm. Mobil ini bisa dipacu hingga maksimal kecepatan 160 km/jam. Berpenggerak roda belakang dan juga ditawarkan varian AWD (All Wheel Drive).

Foday Landfort  juga dilengkapi  dengan fitur keselamatan lengkap seperti Dual Front Airbags, ABS+EBD, Child-proof door locks, speed and crash sensors, remote key, dan rearview camera.

www.swa.co.id

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)