Gandeng Situs e-Commerce Untuk Tingkatkan Penjualan

Sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat yang dilakukan secara online terutama dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, PT Honda Prospect Motor (HPM)  meluncurkan program pembelian mobil online yang menawarkan berbagai kemudahan kepada konsumen. Tak hanya memberikan keuntungan lebih untuk konsumen, juga menggandeng beberapa situs e-commerce untuk memudahkan pembelian secara online.

Seiring dengan masa penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di beberapa kota di Indonesia dalam dua bulan terakhir, jumlah konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda secara online tercatat terus meningkat. Pada akhir tahun 2019 lalu, pembelian mobil Honda yang dilakukan secara online tercatat masih di bawah 5%. Sementara pada bulan April 2020, pembelian mobil Honda secara online meningkat hingga mencapai sekitar 20% dari seluruh total penjualan Honda di Indonesia.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, dalam keterangan resminya (21/5/2020) mengatakan, peningkatan pembelian mobil secara online dipengaruhi antara lain oleh pembatasan aktivitas konsumen di luar rumah dan perilaku konsumen yang semakin terbiasa melakukan belanja secara online. Hal ini terutama berasal dari konsumen yang melakukan repeat order atau pernah melakukan pembelian mobil Honda sebelumnya, namun saat ini juga mulai banyak dilakukan oleh konsumen baru yang semakin percaya terhadap brand Honda. “Kami melihat hal ini juga akan terus meningkat setelah kita memasuki era normal yang baru nanti,” katanya.

Sejalan dengan tren tersebut, Honda menawarkan program “Beli Honda di Rumah Aja” yang memberikan keuntungan lebih bagi konsumen yang melakukan pembelian melalui situs resmi dealer, dan berbagai jalur online lainnya. Untuk setiap pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V yang dilakukan secara online, konsumen akan mendapatkan gratis cicilan sebanyak 3 bulan. Tidak hanya itu, konsumen juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala.

Untuk semakin memudahkan konsumen melakukan transaksi secara online, Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce, yaitu Blibli dan Tokopedia. Melalui kerjasama ini, Honda akan membuka toko resmi (official store) serta memberikan promo eksklusif untuk konsumen yang melakukan pembelian di kedua situs penjualan online tersebut.

Melalui Official Store di situs dan aplikasi Blibli, pengunjung dapat melihat informasi lengkap mengenai produk dan program penjualan terbaru dari Honda, serta memilih dealer Honda yang terdekat dari lokasi mereka. Pembelian di marketplace ini juga akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa diskon 2% atau maksimal Rp 2 juta di semua model mobil Honda.

Executive Vice President of Digital Product & Automotive Category Blibli, Lay Ridwan Gautama mengatakan, e-commerce menjadi kanal penjualan dan pemasaran utama bagi para pengusaha ritel, termasuk pelaku otomotif, karena e-commerce mampu menjaga akses ke pasar walaupun di tengah keterbatasan akibat COVID-19.

Sementara Official Store Honda di Tokopedia juga menampilkan berbagai informasi mengenai produk dan program penjualan terbaru dari Honda. Pengunjung juga dapat melihat seluruh lini mobil Honda serta memilih dealer untuk melakukan pembelian. Tokopedia juga menawarkan keuntungan tambahan untuk konsumen Honda berupa diskon 2% atau maksimal Rp 5 juta di semua model mobil Honda.

AVP of Business Tokopedia, David Kartono mengungkapkan, kolaborasi antara Tokopedia dengan Honda juga menjadi salah satu upaya kami dalam mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, termasuk dari industri otomotif, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)