GIIAS 2018 Resmi Dibuka oleh Presiden Joko Widodo

Opening Ceremony GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2018 yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo di ICE BSD, Tangerang, (2/8). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 hari ini dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Presiden bersama dengan Menteri Perindustrian dan Menteri Koordinator Perekonomian membuka dan mengunjungi area pameran yang akan berlangsung pada 2-12 Agustus 2018.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan di antara semua sektor perindustrian, sektor otomotif termasuk yang paling internasional. “Rantai produksinya sudah global, skala ekonomi sudah global, branding pun sudah global. Dengan demikian, tentunya kita harus mencermati perkembangan sektor otomotif di dunia internasional,” ujar Jokowi dalam Opening Ceremony GIIAS 2018, (2/8/2018).

Jokowi menyampaikan bahwa industri otomotif sekarang menghadapi tiga tantangan yang perlu dicermati. Pertama adalah semakin meluasnya fenomena mobil listrik. “Dengan semakin banyak negara yang mengadopsi mobil listrik tren di seluruh dunia semakin jelas, dunia semakin beralih ke mobil listrik. Pemerintah Prancis dan Inggris sudah mengumumkan  tahun lalu, bahwa terhitung tahun 2040 mobil non listrik akan dilarang dijual di kedua negara tersebut. Pemerintah Tiongkok juga sudah mengumumkan akan menjadi terdepan di dunia dalam mengembangkan mobil listrik,” katanya.

Tantangan kedua, bagi industri otomotif dunia adalah teknologi disrupsi seperti kendaraan otonom dan aplikasi transportasi online. “Dengan kendaraan otonom bisa-bisa kita harus meredefinisi apa itu mobil? Industri otomotif yang harus memperluas definisinya supaya bisa mencakup inovasi baru,” kata Jokowi.

Tantangan ketiga adalah risiko jangka pendek yang harus diwaspadai yaitu siklus otomotif yang mungkin sudah mulai memuncak terutama di pasar-pasar besar seperti Amerika Serikat dan Tiongkok. “Bahwa industri otomotif itu ada siklusnya dan sangat peka terhadap siklus ekonomi yang ada. Banyak peneliti mengatakan bahwa jumlah penjualan mobil di AS sudah setinggi-tingginya, sulit untuk naik lagi justru kemungkinan besar beberapa tahun ke depan akan mengalami penurunan. Jadi kita harus siap menghadapi kondisi ini.”

Jokowi optimistis pasar Indonesia masih merupakan pasar besar. Ia terus mendorong agar industri otomotif untuk menyasar pasar ekspor. Peran industri otomotif dalam ekonomi di Indonesia berada pada posisi nomor dua terbesar dalam industri pengolahan dan masuk lima besar sumber investasi dalam sektor industri. “Pemerintah akan terus all out mendukung industri otomotif,” tambahnya.

Pemerintah sedang menyiapkan berbagai insentif termasuk tax holiday, tax allowance, dan sedang dalam kajian super deductible tax di mana biaya perusahaan seperti kegiatan vokasi bisa dipotong 200 persen dari penghasilan kena pajak. Ini masih dalam kajian Kementerian Keuangan,” kata Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi menyambut baik inovasi kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMDES), yang mana terdapat 70 industri komponen dalam negeri yang siap untuk memasok AMDES. Sementara Pertumbuhan ekspor industri otomotif mencapai 231 ribu unit CBU dan 8,1 juta komponen. Industri otomotif menduduki peringkat nomor 4 dari 25 sektor ekspor non migas periode Januari – Juni 2018 dengan nilai US$3,45 miliar.

Pemerintah secara resmi juga menegaskan kembali implementasi bio diesel B20 secara menyeluruh sesuai dengan standar emisi Euro yang ditetapkan dalam rangka penghematan devisa negara. “Dengan asumsi harga minyak mentah Indonesia (Indonesian crude-oil Price/ICP) pada kisaran US$70 per barel dan asumsi peningkatan penyerapan bio diesel akan mengangkat harga CPO naik US$100 per ton. Maka negara akan menghemat devisa sebesar US$5,9 miliar. “Proses ini akan saya ikuti terus,” tegas Jokowi.

Sebagai tambahan informasi, lebih dari 40 kendaraan baru dan juga kendaraan konsep akan diluncurkan pada GIIAS 2018. Selain itu, sepeda motor juga akan meluncurkan 8 motor baru dan konsepnya pada hari pertama GIIAS 2018.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)