Harga Batu Bara Membaik, Kinerja Semester I Astra Tumbuh 15%

Pendapatan bersih konsolidasi Grup Astra selama Semester I-2018 meningkat 15% menjadi Rp112,6 triliun, dengan peningkatan pendapatan terutama dari bisnis alat berat dan pertambangan. Laba bersih mencapai Rp10,4 triliun, tumbuh 11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Nilai aset bersih per saham tercatat Rp3.155 pada 30 Juni 2018, atau 3% lebih tinggi dibandingkan posisi akhir tahun sebelumnya.

Utang bersih, di luar grup anak perusahaan jasa keuangan mencapai Rp6,6 triliun dibandingkan dengan nilai kas bersih sebesar Rp2,7 triliun pada 31 Desember 2017. Hal inidisebabkan oleh investasi grup pada bisnis jalan tol dan Go-Jek dan belanja modal pada bisnis kontraktor penambangan. Anak perusahaan grup segmen jasa keuangan mencatat utang bersih sebesar Rp47,9 triliun, atau meningkat dibandingkan dengan Rp46,1 triliun pada akhir tahun 2017.

“Kinerja Grup Astra hingga akhir tahun 2018 diperkirakan cukup baik, didukung dengan stabilitas pertumbuhan ekonomi Indonesia dan harga batu bara yang stabil, walaupun persaingan di pasar mobil dan melemahnya harga minyak kelapa sawit menjadi perhatian.” jelas Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk.

Kontribusi segmen bisnis terhadap laba bersih konsolidasian Astra International pada periode ini adalah sebagai berikut:

Otomotif

Laba bersih dari bisnis otomotif grup stabil di posisi Rp4,2 triliun. Peningkatan laba bersih dari penjualan sepeda motor dan bisnis komponen otomotif melebihi dari yang dapat diimbangi oleh penurunan laba bersih dari penjualan mobil.

Penjualan mobil secara nasional meningkat 4% menjadi 554.000 unit pada periode semester pertama tahun 2018. Namun, penjualan mobil Astra turun 10% menjadi 268.000 unit akibat dari meningkatnya kompetisi, sehingga pangsa pasar Astra menurun dari 56% menjadi 48%.Grup telah meluncurkan 12 model baru dan 4 model revamped selama periode ini.

Penjualan motor secara nasional meningkat 11% menjadi 3 juta unit, sedangkan penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) di pasar domestik meningkat 11% menjadi 2,2 juta unit, dengan pangsa pasar 74%. AHM telah meluncurkan 4 model baru dan 11 model revamped selama periode ini.

Halaman Selanjutnya
Laba bersih PT Astra Otoparts...
Pages: 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)