Hino Kenalkan Bus Premium RM380

Tak mau kalah dengan kompetitornya Mercedes-Benz dan Scania, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memperkenalkan bus premium yakni Hino Bus RM 380. Bus dengan power gede tersebut dipamerkan di booth Hino yang terletak di Hall 3C, ICE, Tangerang Selatan.

Truk Hino Foto: PO Harapan Jaya

Hino RM 380 merupakan salah satu jajaran unit Hino Big Bus yang didukung mesin E13C-UT, 12.913 CC 6 silinder dengan tenaga besar 380 PS dan torsi maksimal 1.912 Nm. Bus yang memiliki bobot 18 ton ini bisa dikaroseri Semi High Decker (SHD) atau Double Decker (tingkat) ini ini sangat sesuai digunakan untuk perjalanan jarak jauh antar kota antar propinsi. Original Air suspension (suspensi udara asli pabrikan) juga turut disematkan pada bagian depan dan belakang bus yang sangat nyaman bagi penumpang.

RM 380 memiliki bebebrapa keunggulan. Selain E13C-UT Common Rail yang lebih efisien, sasis tipe modular membuat karoseri leluasa bikin bagasi di dek bawah makin luas, bahkan bisa diisi puluhan unit sepeda motor

Menurut Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, pihaknya melihat bahwa pemerintah saat ini sedang aktif membangun jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. Untuk itu Hino Bus RM 380 mulai diperkenalkan kepada publik dan tengah direncanakan produksi secara massal. “Saat ini kami analisa berdasarkan hasil riset pasar. Kami yakin jika jalan tol tersebut selesai, maka bus ini akan sangat efisien dalam membantu kelancaran transportasi antar kota-kota di Pulau Jawa maupun Sumatera,” ungkapnya.

Selain itu, pasar chasis premium –tenaga di ats 300 hp-- atau bus premium kini tengah menggeliat di Indonesia. Banyak bus-bus premium berseliweran di jalanan Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi. Dan, untuk sementara ini pasar chasis bus premium masih dikuasai oleh Scania dengan Scania K series ( Scania K410, Scania K380, Scania K360, dan Scania K310), dan Mercedes Benz dengan Mercy OF 500 RF  2542 .

Hino sebelumnya berniat memasukkan RM series yakni RM1ESKU seperti yang beredar di Malaysia dengan tenaga 390 Hp. Namun HMSI akhirnya mendatangkan RM 380 bus dengan mesin Diesel Hino E13C-UT 6 silinder yang mempunyai tenaga maksimal hingga 380 ps transmisi manual ZF 6S1910BO enam percepatan serta chasis model space frame, sehingga bisa dibikin bagasi tembus, dan Air suspension sudah menjadi standar bawaannya.

Hino RM 380 dibanderol Rp 750 jutaan (sasis) dan Rp 1,3 miliar. Hino RM 380 pertama dimiliki oleh PO Harapan Jaya dengan body LegacSky SR2 Prime XHD . (Rian S)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)