Hino Luncurkan Truk Bertransmisi Otomatis

Hino Motors Foto: PT Hino Motors Sales Indonesia

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI)  kembali menghadirkan varian produk terbarunya untuk memberi nilai lebih bagi palanggan setianya. Dalam ajang Mining Indonesia 2017 yang berlangsung dari tanggal 13 - 16 september 2017 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta,  Hino meluncurkan varian terbaru dari Hino700 series, yaitu Hino Profia ZY 8x4 dan Hino Profia ZS 6x4 dengan transmisi otomatis.  Truk yang masuk kedalam segmen heavy duty truck ini diperuntukan sebagai kendaraan untuk beroperasi di medan off-road atau pertambangan. Menggunakan transmisi otomatis dengan 16 percepatan, tentunya ini membantu pengemudi lebih mudah dalam berkendara dan meningkatkan efisiensi. Selain itu, dengan transmisi otomatis membantu truk ini dioperasikan dengan lebih stabil dan lancar.

Menurut Alex Sutisna, Wakil Presiden Direktur HMSI, saat ini bisnis batubara mulai meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini bisa  dilihat  dari harga batu bara acuan yang terus membaik. ”Untuk itu dalam membantu kelancaran bisnis pertambangan, kami meluncurkan produk terbaru ini yang memiliki  quality, durability, dan reliability,”  katanya.

Hino Motors Foto: PT Hino Motors Sales Indonesia

Hino Profia memiliki spesifikasi yang memang disesuaikan dengan medan berat pertambangan. Tidak hanya transmisi yang baru, truk ini juga memiliki sistem keamanan yang lebih mumpuni, yang mana Hino Profia ZY dan ZS automatic sudah dilengkapi dengan wheel parking brake tambahan dibagian sumbu roda belakang atau Rear Axle (R2) yang membuat daya cengkram pengereman lebih kuat pada saat parkir. Sebelumnya, pada varian manual parking brake hanya terdapat pada bagian front axle dan rear axle 1 (R1).

Selain itu, anti lock brake system atau rem ABS juga turut disematkan untuk mengurangi resiko kecelakaan. Dengan adanya rem ABS ini membuat pengereman lebih stabil, karena pada saat di rem roda kendaraan tidak terkunci secara terus menerus sehingga kondisi kendaraan dapat dikendalikan. Pada Hino Profia ZY automatic terdapat juga Transmision Intarder yang dapat mengurangi kecepatan di jalan panjang yang menurun tanpa harus menginjak pedal rem, sehingga dapat menghemat pemakaian kanvas rem. Menggunakan mesin common rail E13C-WD, Hino Profia Automatic Transmission ini memiliki tenaga 410 PS dengan torsi maksimal 204 kgm yang sangat sesuai dalam menghadapi beban berat di pertambangan batubara.

Dari sisi interior, Hino Profia ZS dan ZY  transmisi otomatis  memiliki combination meter yang baru dengan multi display yang dirancang agar pengemudi mudah mendapatkan informasi yang akurat saat berkendara seperti tachometer economic zone,  di mana pengemudi dapat melihat batas berwarna hijau dalam tachometer yang menandakan dia berada  dalam pemakaian bahan bakar yang efisien. Dan, Red Zone yang memberi info bahwa pemakaiaan bahan bakar dalam kondisi boros. Selain membantu berkendara secara efisien, combination meter juga memberikan informasi mengenai Maintenance management dari kendaraan ini sehingga pengendara dapat mengetahui kapan harus melakukan perawatan dan juga mengetahui penggantian spare parts. (Rian S)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)