Hyundai Akan Bangun Pabrik di Indonesia

Informasi mengenai Hyundai yang bakal membangun pabrik di Indonesia sudah bergulir sejak ajang GIIAS 2018 lalu.  Bahkan, saat peluncuran Hyundai H1, Presdir Hyundai Mobil Indonesia, Mukiat Sutikno, menjawab secara diplomatis  bahwa pihaknya baru melakukan studi kelayakan dan belum menentukan kapan rencana pembangunan pabrik tersebut. Produsen otomotif asal Korea Selatan itu hanya memiliki pabrik perakitan di Bekasi yang merakit MPV Hyundai H1.

Berita menjadi jelas, ketika Menteri Perindustrian, Erlangga Hartarto  mengikuti kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Negeri Ginseng itu. Pihak Hyundai sendiri telah menandatangani MoU dengan  Pemerintah Indonesia terkait penanaman investasi di Indonsia. Di Korsel,  Presiden Jokowi menemui empat pimpinan perusahaan besar yakni  Chairman dari Cheil Jedang Group, Lee Jae-hyun, lalu Vice Chairman dari Lotte Group yaitu Hwang Kag-gyu, CEO dari Posco, Oh-Joon Kwon, serta Vice Chairman dari Hyundai Group, Chung Ei-sun. Dari pertemuan tersebut berhasil disepakati rencana investasi sebesar US$6,2 miliar. “Untuk Hyundai mereka sudah menandatangani MoU mengenai rencana investasinya,” kata Menperin Airlangga dalam rilis resminya.

Masih belum diketahui secara rinci investasi dari Hyundai Motor Corp di Indonesia. Namun kabar yang beredar bahwa Hyundai bakal membangun pabrik untuk memenuhi kebutuhan otomotif di Tanah Air. Bila investasi benar untuk pabrik, konsumen mungkin bakal di untungkan dengan makin banyaknya pilihan produk otomotif. Selain itu, harga jual Hyundai bakal bisa kompetitif lagi. Hyundai adalah salah satu brand otomotif yang sudah mendunia. Produk yang dihasilkannya pun beragam, mulai dari city car, mobil penumpang bahkan kendaraan komersial.

Selain itu, dengan adanya pabrik di Indonesia, Hyundai bisa memproduksi kendaraan untuk pasar ekspor. Perlu diketahui, untuk regional Asean,  Hyundai belum memiliki pabrik.  Selain di Korsel, pabrik Hyundai yang terdekat berada di China dan India. Kabar terakhir, Hyundai juga bakal hengkang dari China. Apakah rencana pabrik baru di Indonesia tersebut merupakan relokasi dari China? Masih belum jelas juga.  Yang pasti adanya pabrik di Indonesia tersebut Hyundai kemungkinan bisa menggenjot pasar di ASEAN dan Indonesia dengan harga yang kompetitif.

 

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)