Ini Dia Jagoan Baru Isuzu di Mobil Penumpang

Masuk  di semester II/2017, tepatnya dalam ajang gelaran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017, di ICE BSD City, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) merilis mu-X Facelift 2017.

Produk mobil baru ini kembali diperkenalkan untuk tetap mengisi segmen SUV High 7-seaters. Adanya peremajaan juga sebagai langkah Isuzu untuk dapat mengikuti persaingan keras di kelas ini yang diisi oleh Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Chevrolet  Trailblazer, karena segmen ini terus mengalami pertumbuhan.

“Dengan mengusung konsep Makes U eXciting, mu-X Facelift kami desain dengan konsep yang difokuskan pada ketangguhannya dan dibalut dengan kelengkapan fitur dan style yang sporty. Berbeda dengan tahun lalu yang hadir dengan varian standard dan premiere, kini kami hadir dalam 3 varian yaitu Isuzu  mu-X Premiere, Isuzu  mu-X Royale, serta mu-X 4x4 MT,” ujar Direktur Pemasaran PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Joen Budiputra.

Adapun perubahan  eksterior yang hadir di MU-X 2017, kini memiliki desain baru di bagian bumper depan. Untuk lampu kini sudah menggunakan LED bi-function projector headlamps dengan Automatic headlamp beam level adjustment. Desainnya cukup styalish mirip dengan mata elang. Isuzu mengklaim bahwa model lampu terbarunya ini yang merupakan paduan LED DRL dengan projector headlamp menjadikan cahaya lebih terang dan tahan lama.

Pada MU-X baru kini juga sudah dilengkapi dengan LED Daytime Running Lamps (DRL) yang menyatu dengan lampu utama. Fog lamp pun kini mendapatkan cover berupa lapisan krom dengan desain yang lebih baru. Masih di bagian depan, terdapat front corner sensor yang berguna untuk mengontrol jarak bagian depan ke kendaraan dengan objek lainnya guna meningkatkan keselamatan.

Sementara di bagaian belakang, desain bumper hadir dengan tampilan yang lebih sporti, tersemat pula LED Position Lamps yang menghiasi lampu belakang. Sektor kaki-kaki, untuk tipe Premiere masih mengandalkan pelek berukuran 18 inci. Sedangkan tipe Royale lebih gahar dengan ukuran 20 inci. Dan yang menarik, kini bukaan bagasi elektris juga tersedia.

Ubahan interior tak lupa dilakukan Isuzu untuk meningkatkan daya saing di kelas Big SUV. Dengan segala ubahan material pada kabin, pihak isuzu mengklaim bahwa kabin mu-X lebih senyap 19% dari generasi sebelumnya. Usaha membuat kabin mu-X lebih senyap dilakukan dengan penambahan lapisan peredam di bagian depan, penambahan insulator pada lantai, blower AC, dan di bawah pilar A dan B, serta penambahan sound deadener pada bagian transmisi.

Di bagian dasbor, handle pintu, penutup console box , dan stir kini dibalut dengan desain elegan dengan bahan pelapis yang lembut untuk menambah kenyamanan. Masih di bagian kemudi, terlihat pola embos  dan jahitan menjadikan lingkar kemudi mu-X lebih sporty, dan tidak licin saat dipegang.

Di bagian door trim kini ia dihiasi dengan motif Barleycorn Guilloche berornamen  silver. Sementara hiasan krom membalut  seluruh  air vent dan taus rem parkir. Sentuhan warna piano black tak lupa tersemat di interior. Untuk menunjang kenyamanan diperjalanan tak lupa Isuzu menambahkan 2 additional USB Port  dan Roof Monitor khusus tipe Royale, serta head unit dengan layar sentuh berukuran 8 inci.

Di sektor mesin, sangat disayangkan pada mu-X facelift tak ada ubahan mesin. Isuzu mu-X 2017 masih ditopang mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC,  2.499 cc 4-silinder yang dapat melontarkan tenaga 136 dk pada 3.6000 rpm dan torsi 320 Nm pada 2.800 rpm.

Mesin tersebut juga masih didukungversi  system Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). Mesin di klaim mampu menginsumsi BBM diesel yang lazim di Indonesia karena terdapat diamond like carbon  coated fuel injection yang membuat nozzle tidak mudah macet, serta  filter solar double agar bahan bakar yang masuk ke mesin lebih bersih.

“Dengan meluncurnya mu-X tentu jadi harapan kami kembali eksis di segmen mobil penumpang seperti jayanya Panther, dan kami yakin di kelas BIG SUV mu-X akan dapat tanggapan positif dari pasar,” ujar Joen menuutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)