Ini Faktor Pendorong Penjualan Mobil Bekas | SWA.co.id

Ini Faktor Pendorong Penjualan Mobil Bekas

Foto : Autopedia

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) mengincar pendapatan di 2023 akan tumbuh positif seiring transaksi mobil bekas yang semakin bergairah. Peningkatan tren penjualan mobil bekas tersebut beriringan dengan perkembangan penjualan mobil pada Januari-April tahun ini yang mencapai 339.962 unit, naik 5,2% dibandingkan 320.120 unit pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Perseroan melihat prospek bisnis mobil bekas tahun ini didorong oleh tren positif dari berbagai faktor. Pertama, kembali turunnya harga minyak dari level puncak akan mengurangi tekanan inflasi, serta meningkatkan mobilitas. Kedua, rebound penjualan mobil baru ke tingkat pra-pandemi diperkirakan akan menimbulkan meningkatnya permintaan mobil bekas. Tren ini cukup signifikan mengingat bahwa mobil baru menjadi semakin mahal setiap tahunnya, sehingga mobil bekas menjadi pilihan yang relatif lebih terjangkau.

Selain itu, emiten perdagangan otomotif omnichannel yang bergerak di bidang penjualan retail mobil bekas (Caroline.ID) dan bisnis lelang (JBA Indonesia), mengamati lonjakan permintaan kredit kendaraan baru selama empat kuartal terakhir diperkirakan akan menghasilkan pasokan kendaraan yang lebih tinggi untuk dijual melalui lelang pada 2023.

Pada Kuartal I/2023, JBA melihat adanya peningkatan volume lelang, yaitu mencapai 19.373 unit atau tumbuh sebesar 6,16% dibandingkan period yang sama tahun lalu. Pertumbuhan permintaan kredit kendaraan yang terpantau sejak kuartal I/2022. Berdasarkan pandangan tersebut, JBA Indonesia, unit usaha lelang mobil ASLC menargetkan volume penjualan lelangnya minimal mencapai 38.000 unit unit pada tahun ini atay  mendekati level pra-pandemi.

Untuk meningkatkan penawaran layanannya dan menarik lebih banyak peserta, JBA Indonesia menggandeng Mega Insurance untuk memberikan manfaat tambahan berupa asuransi kendaraan total loss only (TLO). Sementara melalui bisnis penjualan mobil bekas segmen ritel, Caroline.id, menargetkan penjualan tahun ini berkisar 3 ribu hingga 4 ribu unit. Pada 2022, ASLC melalui Caroline.id ini berhasil menjual 2.481 unit mobil, jauh melampaui target penjualan tahun 2022 sebanyak 2.000 unit.

Sepanjang tahun ini, Caroline membuka gerai pajang (showroom) di Depok dan flagship store di Gading Serpong untuk meningkatkan akses pelanggan dan membangun brand awareness. Flagship store Gading Serpong yang dibuka pada 17 Maret 2023 ini memiliki kinerja yang atraktif karena karena respon pasar yang positif dari daerah tersebut.

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)