Inovasi dan Perbaikan Layanan Berbuah Manis

Auto2000 membuat beragam inovasi dan improvement dalam layanannya baik penjualan maupun layanan purna jual. Selain brand Toyota, program promo penjualan maupun aftersales Auto2000 dan inovasi digital merupakan strategi untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Kreativitas inilah yang mengantarkan perseroan diganjar Superbarnds Awards 2019. "Tentunya pelanggan sekarang juga semakin kritis dan pintar karenanya layanan sepenuh hati pada total ownership experience pelanggan selalu kami upayakan di seluruh front line team Auto2000," kata Ivan P Sadik, Chief Operation  Auto2000.

Kondisi bisnis otomotif
pada tahun politik memang lesu. Daya
beli menurun dan berdampak pada performa industri otomotif. Namun hal tersebut disikapi dengan bijak. Dengan total market share 32,4 persen Toyota di industri otomotif
Indonesia, Auto2000 mampu berkontribusi sebesar 42 persen dalam penjualan mobil
Toyota di kuartal kedua tahun 2019."Penghargaan ini menjadi simbol
prestisius berbagai brand di dunia. Nominasi pada kategori car dealer
ini diberikan dalam acara "Gala Awards Night 2019," kata Ivan.

Survei konsumen dilakukan secara ekstensif oleh AC Nielsen dengan mengambil sampel dari enam kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Makassar untuk mewakili 20 juta masyarakat yang berasal dari kelas sosio ekonomi menengah dan ke atas.

Terdapat lima indikator yang dijadikan acuan dalam penilaian pemberian penghargaan tersebut yakni market dominance, longevity, goodwill, consumer loyalty, dan overall market acceptance. “Penghargaan ini tidak membuat kami berpuas diri. Tantangan kami untuk tetap menjaga kepercayaan pelanggan dan memacu
agar melakukan improvement," ungkapnya.

Tidak dapat dipungkiri di era
disrupsi saat ini, tidak mudah membuat sebuah merek dipercaya masyarakat yang
kemudian juga menjadi pemenang dalam persaingan bisnis (market leader) dan
disisi lain harus tetap menghasilkan revenue yang tinggi. Kondisi demikian hanya bisa dicapai jika perusahaan
memiliki daya agile pada level strategik dan taktik. 

Hansa Renkei menjadi kata kunci serta guidance bagi tim Auto2000 untuk berhasil di kedua level tersebut. Pada gilirannya, konsep inilah yang menjadi pembuktian dari proposisi nilai yang ditawarkan oleh Auto2000. Sebab, menjadi top of mind saja tidak cukup jika kondisi real tidak dapat memberikan total ownership experience. Lewat Hansa Renkei inilah Auto2000 menyinergikan sales dan after sales pada tiap cabang dalam memenuhi harapan pelanggan. Kolaborasi ini menghasilkan personalisasi pada tiap layanan sehingga relevan dengan kebutuhan para pelanggan. 

Pada akhirnya front liner menjadi diferensiasi utama yang sulit untuk ditiru karena dibangun oleh kultur perusahaan. Komitmen Auto2000 dalam memberikan pengalaman berkesan juga diterapkan melalui medium digital, Website, aplikasi hingga Chatbot Tasia dimiliki oleh Auto2000 untuk memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya secara lebih praktis.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)