Jurus Astra Financial Mengerek Literasi Keuangan di GIIAS Medan | SWA.co.id

Jurus Astra Financial Mengerek Literasi Keuangan di GIIAS Medan

Pengunjung dan anak-anak yang menyambangi GIIAS Medan 2022 sedang bermain di Booth Astra Financial. Brand dari divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk ini menyediakan berbagai macam permainan edukasi terkait pentingnya literasi keuangan. (Foto : Istimewa).

Astra Financial bersama dengan 9 unit bisnisnya, yaitu layanan pembiayaan kendaraan roda empat Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Financial Services (TAF), layanan pembiayaan kendaraan roda dua oleh FIFGROUP, layanan asuransi dari Asuransi Astra dan Astra Life, hingga layanan keuangan digital dari Maucash, AstraPay, Moxa, dan SEVA, menyodorkan beragam produk kepada pengunjung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi Medan pada di Santika Convention Center, Medan, Sumatera Utara pada 5-9 Oktober 2022.

Astra Financial mendukung industri otomotif dengan memberikan layanan serta informasi dan menyediakan berbagai macam permainan edukasi terkait pentingnya literasi keuangan yang tersedia di booth-nya itu. “Astra Financial berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia yang diwujudkan dengan berpartisipasi di GIIAS Tangerang, Surabaya, dan Medan,” ucap Tan Chian Hok, Project Director Astra Financial GIIAS 2022 di Medan, baru-baru ini.

Brand dari divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk ini mengusung tema Spirit of Future ini selaras dengan tema GIIAS kali ini yaitu Future is Bright. “Tema Spirit of Future yang diusung Astra Financial selama perhelatan GIIAS menunjukkan semangat optimisme Astra Financial dalam menyambut masa depan industri otomotif yang cerah, yang juga mendukung tema GIIAS tahun ini yaitu Future is Bright,” ujar Willy Winardi, Project Leader Astra Financial GIIAS Medan 2022 dalam pernyataan tertulis di Medan, baru-baru ini.

Sumatera Utara merupakan salah satu pasar otomotif besar di Indonesia dengan jumlah penjualan mobil di Sumatera Utara pada 2021 mencapai 40.885 unit, naik sebesar 43% dari tahun sebelumnya sebesar 28.638 unit. Di semester pertama tahun 2022, penjualan mobil mencapai 28.690 unit, naik sebesar 40% dari periode yang sama di tahun lalu yang hanya sebesar 20.440 unit.

Adapun, Semangat Astra Financial dalam tema Spirit of Future diwujudkan melalui layanan keuangan prima. Key visual berbentuk Roda Gear melambangkan sinergi dari 9 unit bisnis Astra Financial untuk memberikan manfaat kepada konsumen dan para pemangku kepentingan (stakeholder). Selain itu, tersedia juga berbagai macam permainan dengan edukasi terkait pentingnya literasi keuangan, antara lain melalui layanan pembiayaan dan asuransi.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan capaian inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024. OJK bersama regulator, korporasi serta instansi pemerintah dan pendidikan saling bahu-membahu untuk meningkatkan inklusi keuangan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, peningkatkan literasi keuangan juga penting dimiliki supaya masyarakat semakin melek produk dan jasa keuangan yang tepat, berizin dan sesuai regulasi.

Astra Financial tak membuang waktu untuk menyokong ikhtiar OJK itu. Sebab, booth Astra Financial menghadirkan games Monopoly dengan sebutan Wealth Journey. Booth ini dikerasikan dengan tampilan yang beda dan lebih interaktif lantaran pengunjung dapat mengikuti games menarik lainnya seperti Get The Cash untuk bisa mendapatkan hadiah menarik.

Perusahaan ini juga menggelar Astra Financial Talk dengan mengundang enam perwakilan dari unit bisnis untuk berbagi tentang layanan serta aneka program. Diskusi yang dijabarkan oleh WIlly Winardi, Regional Retail Business Head ACC Sumatera Bagian Utara, Browsky (Kepala WIlayah TAF Sumatera), Haris Halim (Regional Manager Sumatera Asuransi Astra), dan Natalius Turnip selaku NMC Financing Marketing Area 5 Department Head FIFGROUP, mengulas mengenai perkembangan bisnis pembiayaan dan asuransi, khususnya di wilayah Sumatera Utara, serta perannya dalam mendukung industri otomotif.

Pada semester I-2022, secara nasional FIFGROUP mencatatkan kinerja positif, hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan laba bersih perusahaan yang meningkat 58,65% menjadi Rp  1,51 triliun dibanding semester I tahun 20 21 yang mencapai Rp  949,27 miliar.

Untuk Provinsi Sumatera Utara, pada semester I-2022 FIFGROUP mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 657,63 miliar atau turun 11,3% dibanding periode sama tahun 2021 yang mencapai Rp 741,48 miliar. Begitupun dari sisi jumlah unit finance yang turun sebesar 15,7% menjadi 53 ribu unit di semester I-2022 dibanding periode sama pada tahun lalu yang mencapai 63 ribu unit. Penurunan kinerja tersebut dipengaruhi oleh krisis chip semikonduktor yang hingga saat ini masih dirasakan dampaknya.

Namun, seiring waktu di semester II tahun ini, supply yang kian membaik membuat FIFGROUP optimis atas peningkatan kinerja di provinsi Sumatera Utara kedepannya. Astra Credit Companies (ACC) mencatat pembiayaan kendaraan di wilayah Sumatera Utara dengan amount finance Rp 840,9 miliar selama semester pertama 2022 atau meningkat 14,5% dari tahun lalu sebesar Rp 734,6 miliar.

Di semester pertama tahun ini ACC mencatat jumlah unit finance yang mencapai 5.205 unit yang naik dari tahun lalu sebesar 5.043 unit. Pembiayaan yang disalurkan oleh TAF memiliki amount finance senilai Rp 620,4 miliar di Sumatera Utara pada periode pertama tahun 2022. Angka tersebut meningkat 35,4% dibanding periode sebelumnya yang hanya sebesar Rp458,3 miliar. Hal ini tercermin pula dari unit finance yang diberikan pembiayaan pada semester pertama tahun ini sejumlah 3.159 unit, meningkat dari periode yang sama tahun 2021 sebesar 2.487 unit.

Selain itu, pada semester 1 tahun ini, Asuransi Astra wilayah Sumatera mencatat pertumbuhan positif premi bruto sebesar Rp 188 miliar, angka ini meningkat 15% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 164 miliar.

Adapun, salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh perusahaan antara lain melaksanakan pameran virtual, yaitu FIFGROUP Fest dan Spektra Fair di beberapa kota besar mulai dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya itu, dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Digitalisasi Layanan Keuangan dan SDG’s

FIFGROUP juga mengembangkan bisnisnya dengan menghadirkan layanan baru, yaitu FINATRA yang berfokus terhadap pembiayaan mikro untuk pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Berbeda dengan ACC, perusahaan tetap mengacu pada core bisnis, yaitu pembiayaan. ACC sejak dulu sudah mengembangkan inisiatif digitalnya untuk memudahkan customer mendapatkan pembiayaan dengan meluncurkan aplikasi mobile ACCYes!, ACC ONE, serta ACC ONE On The Web. Di tahun ini, anak perusahaan ACC meresmikan Gedung Berijalan Digital Operation Center untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Tidak ketinggalan TAF terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas proses bisnis seperti mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services. Selain itu, TAF juga bekerja sama dengan ekosistem digital di Astra Financial, seperti kolaborasi TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA dan juga kolaborasi TAF dengan ekosistem digital di ranah dealer.

Lalu ada Asuransi Astra secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution. Dari sisi portofolio, Asuransi Astra menerapkan diversifikasi portofolio. Dari sisi people, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui sertifikasi keahlian. Kemudian, sisi public contribution, Asuransi Astra turut serta dalam upaya perwujudan sustainable development goals (SDG’s), khususnya terkait bidang bidang kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta pendidikan berkualitas melalui berbagai bentuk kegiatan.

Astra Financial tak ingin ketinggalan berinovasi di era digital. FIFGROUP, misalnya, memiliki Fiona sebagai layanan digital bagi konsumen. Selanjutnya, FIFGROUP Mobile Customer (FMC) sebagai aplikasi yang mempermudah konsumen dalam mendapatkan berita terbaru, terkait program ataupun promo. Bisnis ini juga memiliki Dealer Information System (DIS) yang merupakan sistem berbasis website untuk melakukan proses pemesanan sampai dengan monitoring disbursement.

Berikutnya, ACC menyugugkan solusi digital melalui ACCONE apps dan ACC ONE on the web. ACC pada 2023 berencana akan meluncurkan satu lagi inisiatif digitalnya di semester pertama 2023. Selanjutnya, TAF menghadirkan alternatif layanan mobilitas, yaitu Kinto One di Indonesia. Asuransi Astra juga ikut mendukung layanan digital dengan meluncurkan aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat mengajukan klaim hingga membeli berbagai kebutuhan otomotif secara online. (*)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)