Jurus Mitsubishi Siasati Anjloknya Penjualan

Pandemi COVID-19 membuat industri otomotif menelan pil pahit, secara keseluruhan penjualan mobil melorot drastis. Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) total penjualan mobil ritel atau dari daeler ke konsumen pada April melorot 70% atau 24.276 unit saja. Padahal di periode yang sama tahun lalu penjualan mencapai 80.821 unit.

Diperkirakan bulan Mei penjualan mobil nasional lebih buruk lagi hanya menyentuh 15 ribuan unit saja. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatur strategi terutama dalam hal marketing dan promosi, guna menyiasati ambyarnya pasar otomotif ini dengan berbagai program khusus.

Dalam acara virtual konferensi pers (19/05/2020) Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI, mengatakan pandemi COVID-19 ini memang memaksa MMKSI juga para daeler tidak bisa melakukan berbagai program penjualan seperti biasa. Ia mengakui seperti pemain lain penjualan Mitsubishi secara keseluruhan pada April 2020 pun anjlok menjadi kurang dari 3.000 unit saja. Pada Maret market share Mitsubishi tercatat 12% secara nasional dengan penjualan masih menyetuh 6.000 unit.

Namun pihaknya terus melakukan langkah-langkah strategis demi mendongkrak sales MMKSI terutama di bulan Mei 2020 ini. “Di kondisi sulit seperti ini kami terus memberikan layanan #DiRumahAja serta memberikan berbagai keuntungan bagi konsumen setia Mitsubishi Motors yang ingin melakukan pembelian kendaraan. Konsumen bisa mendapatkan langsung penawaran menarik dari gratis asuransi, Bunga 0%, dan penawaran menarik lainnya. Konsumen juga tidak perlu khawatir karena semua penawaran menarik ini bisa didapatkan tanpa harus meninggalkan rumah,” jelasnya.

Ia menjelaskan dengan masih dibatasi aktivitas masyarakat di luar rumah, MMKSI mulai mendorong berbagai strategi digitalnya. Konsumen bisa mendapatkan Informasi lebih lanjut terkait layanan penjualan dengan menghubungi dealer resmi Mitsubishi Motors terdekat ataupun melalui laman mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer serta aplikasi mobile My Mitsubishi Motors ID.

“Untuk program khusus bulan Mei ini, kami pun menawarkan program khusus pembelian Xpander dan Xpander Cross dengan bunga 0% dengan tenor sampai 2 tahun menggandeng PT Dipo Star Finance. Juga ada paket Smart Cash dengan bunga 0% selama 1 tahun dan gratis asuransi serta biaya admin. Juga ada program cicilan ringan mulai 3 juta-an atau gratis asuransi 2 tahun, plus gratis kaca film, biaya jasa, paket smart gold atau layanan service berkala hingga 50 ribu km dan suku cadang,” terangnya. Juga dengan tambahan berbagai keuntungan lain.

Sedangkan untuk Pajero, juga ada program pembiayaan bunga rendah 0% sampai dengan tenor 1 tahun untuk pembiayaan melalui PT Dipo Star Finance, cicilan ringan mulai 7 juta-an juga gratis kaca film dan biaya services dan sebagainya. Untuk Eclipse Cross  ada program gratis biaya jasa dan suku cadang (sesuai dengan Service Manual Book) hingga 50.000 km atau 4 tahun serta kaca film V-Kool.

Pada bulan Juni harga mobil-mobil MMKSI diperkirakan akan naik sekitar Rp 1-3 jutaan untuk L300, Xpander dan Triton. “Kami pun masih menahan diri meluncurkan model baru Mitsubishi dalam kondisi seperti sekarang, dengan lebih fokus pada pelayanan ke pelanggan dan penjualan produk yang sudah ada,” tegasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)