Kanada Kembangkan Kendaraan Listrik 

Di tengah elektrifikasi otomotif yang tengah berlangsung, Automotive Parts Manufacturers Association (APMA) asal Kanada mengadakan Project Arrow yang mengembangkan mobil listrik (EV).

"Projek kolaboratif tersebut rencananya akan meluncurkan mobil konsep akhir tahun ini. Projek ini akan membuka peluang bagi produsen komponen dan teknologi otomotif di Kanada," jelas Warren Ali, SVP Innovation AMPA di ajang Consumer Electronics Show (CES).

Project Arrow muncul dari ajang kompetisi desain yang dimenangkan tim mahasiswa asal Carleton University, Ottawa. Projek ini ternyata menarik minat 500 perusahaan teknologi dan perangkat lunak otomotif.

Warren menambahkan, projek ini akan berlanjut ke tahap rekayasa, dan sekitar 50 perusahaan, termasuk perusahaan yang bergerak dalam produksi komponen, integrasi perangkat lunak, dan perakitan akhir mobil, berkolaborasi untuk membuat sebuah mobil konsep. “Sebagian besar dari perusahaan ini terbentuk dan dibesarkan di Kanada,” dia menambaahkan dalam keterangan tertulis (16/9/2022).

Sejumlah perusahaan ini akan melansir mobil ini di Kanada pada Desember mendatang dan memperkenalkannya kepada dunia di ajang CES 2023. Mereka ini akan menggelar sesi virtual tentang mobil konsep tersebut serta memamerkan teknologi yang akan digunakan dalam Project Arrow.

Salah satu target utama Project Arrow adalah mendemonstrasikan komponen dan teknologi dari banyak pemasok serta produsen berskala kecil dan menengah di Kanada. Seperti diketahui  Kanada telah  membina sejumlah perusahaan perangkat lunak yang berfokus pada artificial intelligent, keamanan siber, serta elemen struktur dalam mobil dan metode lightweighting.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)