Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Mudik

Liburan usai dan masyarakat harus kembali beraktivitas seperti biasa. Nah, ada baiknya, mobil yang baru saja digunakan dalam perjalanan panjang mudik, dilakukan pemeriksaan kembali, supaya performanya tetap prima, ketika digunakan lagi dalam mobilitas sehari-hari. Berikut beberapa komponen yang bisa dipertimbangkan untuk dicek performanya.

Yang pertama diperiksa adalah ban mobil. Kalau sudah bermasalah sebaiknya diganti. Periksa dan bersihkan Kolong Mobil dan cek komponennya. Jangan lewatkan bagian kolong mobil untuk dibersihkan dari kotoran dan supaya mudah diperiksa. Cek shock absorber bila ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek.

Selanjutnya, periksa oli mesin. Volume oli mesin tidak boleh kurang, caranya dengan dengan cek via tongkat pengukur atau dipstick. Pastikan tidak ada perubahan warna oli mesin yang menandakan ada masalah. Cek Kondisi Minyak Rem. Pastikan volume minyak rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya.

Selain itu, indikator di panel instrumen. Cukup memutar kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen. Jika tidak ada masalah, lanjutkan dengan menyalakan mesin. Jangan bersihkan kabin mobil. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

Nur Imansyah Tara, After Sales Business Division Head Auto2000 mengatakan, perjalanan mudik dan libur Lebaran telah usai, saatnya untuk kembali ke rutinitas harian. Namun jangan lupa, pastikan mobil tetap dalam kondisi prima.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)