Automotive

Langkah Broom.id di Ekosistem Showroom Mobil Bekas

Langkah Broom.id di Ekosistem Showroom Mobil Bekas

Penyedia platform digital untuk pemilik showroom dan dealer kendaraan, Broom.id, telah menyiapkan roadmap perusahaan untuk meningkatkan skala bisnis showroom mobil bekas di Indonesia.

Sejumlah langkah dalam peta jalan tersebut terdiri dari pengembangan teknologi platform digital terintegrasi untuk meningkatkan pelayanan dengan fitur & produk, meningkatkan pengetahuan pelaku showroom UMKM mobil bekas dengan berbagai program literasi teknologi dan keuangan, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia internal, hingga penunjukan manajemen baru yang berpengalaman.

Pandu Adi Laras, Co-founder & CEO Broom.id berpendapat, showroom mobil bekas memegang peran penting dalam perputaran ekonomi secara informal, terlebih di tengah situasi ekonomi saat ini. Pihaknya menerima respons yang sangat positif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk dari pelaku bisnis showroom UMKM mobil bekas.

Ia mengatakan, berdasarkan data internalnya, sektor industri showroom yang mencakup lebih dari 40 ribu showroom di Indonesia terus bertumbuh, dengan potensi yang mencapai US$ 52 miliar per tahunnya.

“Dengan kombinasi layanan berbasis teknologi yang komprehensif namun tak melupakan sentuhan manusia seperti layanan aftersales dan program komunitas, pada akhirnya banyak showroom UMKM mobil bekas yang tertarik untuk bergabung bersama Broom.id untuk tumbuh bersama kami,” ujarnya.

Perusahaan yang berdiri tahun 2021 ini memberikan sejumlah layanan seperti penjualan sementara stok mobil ke Broom.id untuk dapat dibeli kembali oleh showroom (buyback), marketplace eksklusif showroom, dan program komunitas. Broom.id juga mengumumkan telah bekerja sama dengan lebih dari 3.000 showroom di Jabodetabek hingga saat ini.

Sementara itu pada sisi manajemen baru, broom.id baru saja memperkenalkan Chief Operating Officer baru yang bergabung apda Agustus 2022 yaitu Claussen Sindhuwinata, mantan eksekutif di Gojek dan Uber.

Menurut Claussen, Broom.id tak hanya memiliki manajemen yang berpengalaman di bidangnya dan juga model bisnis, tetapi juga memiliki ambisi jangka panjang dalam memberdayakan industri. “Saya melihat ambisi jangka panjang dari perusahaan dalam memberdayakan industri showroom UMKM mobil bekas yang selama ini operasionalnya belum banyak tersentuh teknologi di Indonesia,” ujarnya.

Ia berpandangan bahwa peran teknologi dan misi dampak sosial harus menjadi satu kesatuan agar para showroom UMKM mobil bekas dapat memaksimalkan setiap kesempatan mereka jadi sebuah peluang bisnis. Ia mengatakan mayoritas showroom UMKM di Broom.id memiliki masalah yang sama, yakni akses terhadap inventory penjualan baru maupun turnover transaksi jual-beli yang rendah atau stok yang menumpuk, serta pengelolaan bisnis yang masih dilakukan secara tradisional.

“Hal ini membuat mereka tidak memiliki fleksibilitas dari sisi cash flow serta menyulitkan mereka untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi. Untuk itu, kami terus mempertegas komitmen kami sebagai Teman Bisnis Showroom, di mana kami akan memberikan berbagai solusi teknologi dan layanan yang paling cocok bagi mereka, agar mereka dapat terus berkembang bersama kami,” tuturnya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved