Lazada Mencatat Nilai Transaksi di LazOtomotif Naik 3 Kali Lipat | SWA.co.id

Lazada Mencatat Nilai Transaksi di LazOtomotif Naik 3 Kali Lipat

(kiri-kanan) Julian Johan, penggiat otomotif, Canggih Satriatama, VP Automotive Category Lazada Indonesia, dan Lie Se Chiang, Head of Retail Marketing and Business Development PT Astra Otoparts Tbk. (Foto : Lazada).

Lazada Indonesia membukukan peningkatan nilai transaksi penjualan sebanyak 3 kali lipat pada kanal atau kekatgori LazOtomotif selama 3 tahun terakhir ini. Jumlah mitra penjual (UMKM dan official store perusahaan suku cadang, aksesoris otomotif dan lainnya) dan nilai transaksi di LazOtomotif pada 2020-2023 semakin atraktif.

Canggih Satriatama, VP Automotive Category Lazada Indonesia, mengatakan suku cadang (spare part) otomotif merupakan produk yang banyak dibeli konsumen di LazOtomotf. “Spare part adalah best seller yang sering dibeli konsumen dan kontributor terbesar penjualan di LazOtomotif,” tutur Canggih di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

LazOtomotif menjadi platform pilihan bagi para mitra penjual (seller marketplace) dan berbagai brand otomotif ternama dalam berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Canggih mengatakan misi Lazada adalah untuk menjadikan LazOtomotif sebagai pendamping andal yang dapat membantu memenuhi kebutuhan produk otomotif yang menyediakan berbagai produk otomotif populer dan kebutuhan perawatan berkala. Serta menghadirkan pilihan seller yang dapat memberikan jasa layanan end to end,” tuturnya.

Guna memanjakan konsumen dan mitra penjual, Lazada Indonesia menyodorkan pelayanan konsumen untuk pengembalian barang sesuai prosedural. Hal ini semakin mendorong Lazada untuk menghadirkan berbagai inovasi layanan yang memberikan pengalaman berbelanja terbaik kepada konsumen yang berbelanja spare parts, produk perawatan kendaraan, modifikasi, dan perlengkapan berkendara secara online.

LazOtomotif menyediakan berbagai produk sesuai kebutuhan konsumen dan terbagi dalam 15 kategori mulai dari Interior hingga eksterior mobil, suku cadang, motor, velg, ban, aksesoris hingga oli dan pelumas kendaraan. Pilihan produk yang dihadirkan oleh LazOtomotif pun turut melihat tren kebutuhan konsumen dalam memenuhi keperluan otomotifnya, baik perawatan kendaraan bermotor secara berkala, perbaikan spare parts hingga modifikasi kendaraan yang dapat meningkatkan performa.

Pertumbuhan seller UMKM kategori otomotif di LazOtomotif mencapai dua kali lipat yang turut disertai dengan meningkatnya pertumbuhan pembeli pada kategori ini. Lazada mengklaim sebagai pelopor kurasi seller yang terverifikasi jaul-beli perlengkapan otomotif secara online dan menyodorkan layanan menyeluruh untuk memastikan kepuasan pelanggan melalui kanal LazOtomotif itu. “One stop solution di LazOtomotif karena ada produk aksesoris, spare part, interior hingga eksterior otomotif,” tutur Canggih.

Pada kesempatan ini, Julian Johan, penggemar otomotif,  menyampaikan ren pembelian kelengkapan produk otomotif secara online ini sangat menarik untuk ditelusuri bagaimana para seller yang sebelumnya punya pengalaman berjualan langsung, baik untuk bengkel lokal maupun bengkel yang memiliki jaringan, kini turut menangkap antusiasme konsumen untuk dapat melakukan pembelian online.

Konsumen di kategori ini sangat mementingkan kredibilitas platform dalam mengkurasi toko resmi yang dapat memberikan kepastian kualitas produk serta layanan yang andal. Melalui LazOtomotif, Lazada terus melakukan ekspansi untuk dapat bermitra dengan berbagai bengkel untuk dapat semakin memperluas jangkauan mereka.

LazOtomotif memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan jasa pemasangan secara gratis untuk beberapa tipe produk perawatan berkala dan pemasangan spare parts yang membutuhkan keahlian teknisi. Astra Otoparts, salah satu mitra seller dan top seller di LazOtomotif dengan inovasi model penjualannya di Lazada, mengkombinasikan berbagai lokasi toko otomotif dan bengkel yang tersebar di berbagai wilayah untuk memberikan layanan kepada konsumen yang melakukan pembelian produknya melalui LazOtomotif.

Lie Se Chiang, Head of Retail Marketing and Business Development PT Astra Otoparts Tbk, mengatakan  pihaknya memperluas jangkauan konsumen, wilayah maupun segmentasi. “Kami memilih mitra kerja sama dengan kesamaan visi demi layanan terbaik bagi konsumen dalam pembelian produk otomotif. Model penjualan yang Astra Otoparts di LazOtomotif adalah berkonsep do it for me yaitu fasilitas langsung pasang tanpa biaya dengan menunjukan bukti pembelian melalui Lazada,” ujar Lie menjabarkan. Astra Otoparts mencatat penjualan oli merupakan produk yang paling laris manis dibeli konsumen di kanal LazOtomotif.

Sebagai mitra ecommerce resmi pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023, Lazada melalui kanal LazOtomotif juga telah mempersiapkan berbagai serangkaian kampanye promosi untuk menyedot minat konsumen. Rencananya, Lazada Indonesia pada perayaan Harbolnas 2023 atau 12 Desember mendatang menyodorkan beragam aktivasi, seperti flash sale sepeda motor, diskon dan promo untuk helm sport, kelengkapan audio mobil hingga aksesoris berkendara untuk persiapan musim hujan.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)