Makin Mudah Beli Ban Mobil

Bridgestone.co.id

Era digital sudah makin masif saja ke dalam dunia bisnis. Membeli sesutau produk barang dan jasa sudah bisa dilakukan secara daring (online), termasuk juga kebutuhan akan produk otomotif seperti ban mobil seperti yang dilakukan PT Bridgestone Indonesia dengan meluncurkan layanan barunya TOMO atau Tomonet.co.id.

Melalui jasa layanan online ini, konsumen tidak perlu bersusah payah membeli ban secara langsung dan harus menuju ke lokasi penjualan, namun cukup mengklik, jenis atau tipe ban yang diinginkan. Begitu juga untuk penentuan lokasi pemasangan atau penggantian yang dekat dengan rumah atau kantor konsumen yang bersangkutan.  Semua proses dilakukan secara daring, termasuk pembayaran, sehingga konsumen tinggal mendatangi bengkel yang sudah dipilih untuk melakukan pemasangan.

Sebelum memutuskan untuk memilih atau membeli ban, konsumen bisa memilih lebih dulu jenis, spesifikasi ban yang diinginkan.  Sebab,  pada website ini terdapat fitur instruksi yang mengharuskan konsumen memasukkan data-data, seperti lebar tapak ban, aspek rasio, ukuran pelek, dan jenis ban yang diinginkan.  Konsumen lalu bisa mendapatkan informasi ini pada dinding yang tertera pada dinding ban. Misalkan tertera 205/60 R 16. Telapaknya adalah 205 mm dengan aspek rasio 60 dan ukuran pelek 16 inci. Sedangkan huruf 'R' menandakan ban tersebut adalah ban radial.  “Website kami menawarkan pengalaman baru  bagi konsumen membeli ban karena merupakan platform digital yang tepat untuk memilih ban sesuai dengan yang mereka ingin dan butuhkan. Website ini adalah salah satu solusi yang menawarkan kemudahan membeli dan mendapatkan ban,“ kata Toshihiro Fujiki, Sales & Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia.

Sebelum Tomonet, Tyrepac telah lebih dulu menjual ban secara online. Bahkan,  toko online ini mengklaim sebagai  toko ban online pertama dan terbesar di Asia. Tyrepac menjual merek-merek ban ternama seperti Bridgestone, Dunlop, Achilles, Accelera, Continental, GT Radial, Goodyear, Toyo, Hankook, Michelin, Pirelli, Roadstone, dan Yokohama.

Tyrepac Indonesia hadir untuk melayani pelanggan dengan kebutuhan untuk ban mobil semua merk yang tersedia di Indonesia seperti Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, Mazda, Isuzu, Mitsubishi, Kia, Hyundai, Peugeot, Ford, Chevrolet, Mini, Volkswagen, Volvo sampai dengan merk ternama seperti BMW, Mercedes Benz, Audi, Aston Martin, Alfa Romeo, Jaguar, Rolls Royce, Ferrari, Porsche, dan Lamborghini. Konsumen tinggal memasukkan ukuran dan merek ban yang diinginkan  serta bisa melakukan pemasangan ban di lebih 2500 bengkel rekanan yang tergabung dalam jaringan Tyrepac.

Kompetitor Bridgestone, yakni PT Gadjah Tunggal (GT) Tbk--produsen ban GT Radial, juga melakukan terobosan baru, yakni menjual ban lewat aplikasi berbasis Android, TireZone Apps atau TZ Apps. Aplikasi ini bertujuan membantu konsumen mendapatkan pilihan ban yang tepat dan sesuai dengan mobil yang dimilikinya. Selain itu, aplikasi Tirezone juga bisa digunakan untuk mencari  lokasi gerai Tirezone—toko ban GT Radial-- terdekat dari konsumen.

Steni Mulyadi, GM Marketing  GT, mengatakan , aplikasi Tirezone ini dibuat  untuk memudahkan para konsumen  ban GT Radial untuk mencari pilihan ban yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mobil yang mereka miliki. Selain itu, melalui aplikasi ini, konsumen dapat dengan mudah mencari letak atau lokasi toko ban Tirezone terdekat dan serta bisa mencari berbagai fasilitas yang dimilikinya. “Aplikasi tersebut dilengkapi  fitur google maps yang memudahkan konsumen menjangkau Tirezone yang dituju dan  Aplikasi ini merupakan  salah satu program CRM (Customer Relationship Management) kami,” ujarnya.

Pemakai internet di Indonesia yang terus berkembang, serta meningkatnya transaksi melalui dunia maya,  menjadi salah satu alasan bagi GT Radial meluncurkan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi  Android dipilih karena hampir 80% stastistik pengguna ponsel pintar berbasis Android.  TZ Apps akan terus dikembangkan dengan fitur-fitur baru.  TZ Apps ini disetting sebagai wadah e-commerce GT Radial  yag diintegrasikan dengan flagship outlet GT Radial. TireZone yang sudah ada 135 outlet di 42 kota dan diproyeksikan akan menjadi 250 outlet di akhir tahun 2020 mendatang. (Rian S).

.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)