Mencari Peluang di Segmen Motor Garuk Tanah

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan produk motor garuk tanah (trail) terbarunya KLX230. "Motor yang diproduksi di Tanah Air ini  selain untuk dipasarkan di dalam negeri juga untuk diekspor  terutama ke Amerika Selatan," ujar Michael C. Tanadhi, Head & Sales Promotion KMI.

Dari kubikasi mesin, motor ini kelihatan sangat tanggung.
Namun, Michael mengatakan bahwa, motor dual purpose yang cocok untuk medan garuk tanah tersebut diproduksi berdasarkan hasil survei dan studi sekitar 2 tahun, terutama melalui para pecintanya. Oleh karena Kawasaki meluncurkan motor yang berbeda dengan yang diluncurkan sebelumnya, yakni motor dengan mesin 150 cc atau 250 cc. "Di sini, kami sebagai negara pertama yang meluncurkan KLX230 akan jadi pemasok utamanya. Dengan produksi rata-rata sekitar 25.000 unit satu tahunnya," ujarnya.

KLX 230 memiliki peluang yang cukup besar di segmen ini. Kompetitornya, baik Honda, Yamaha maupun Suzuki belum meluncurkan produk yang sejenis. Pemain di segmen motor garuk tanah saat ini hanya Honda dan Kawasaki. untuk itulah KMI optimistis menargetkan produksi dan
penjualan domestik rata-rata 10.000 unit per tahun. Sedangkan untuk AS, sekitar 15.000 unit.

KLX 230 adalah motor semi garuk tanah yang bergaya dirtbike. Dan,
motor jenis ini sangat populer di negera-negara Amerika Selatan. Apalagi saat diluncurkan KLX 150 respons konsumen cukup positif.Kawasaki KLX230 mengusung mesin 233 cc, SOHC 2 katup, injeksi dan kompresi 9,4:1. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 9 PS pada 7.600 rpm, sedang torsi puncaknya 19,8 Nm pada 6.100 rpm dan bertransmisi;manual 6 percepatan.

Keunggulannya antara lain, penggunaan rangka perimeter yang diklaim bisa memberikan kestabilan handling. Perpaduan antara rangka dan mesin tersebut membuat jarak sumbu roda jadi pendek, sehingga cocok digunakan
bermanuver di medan tanah. Motor ini dibekali dengan suspensi depan jenis teleskopik dan model sokbreker tunggal di belakang. Untuk diameter roda depannya 21 inci dan ban belakangnya 18 inci. Sistem pengereman motor ini sudah pakai model cakram di depan dan belakang.

KLX230  diluncurkan  dengan 4 pilihan warna, yakni Lime Green, Ebony Black (standar), Special Edition Oriental Blue, serta Special Edition Fire Cracker Red. Motor ini dijual dengan harga Rp 42,5 juta dan  Rp 44,9 juta (on the road) Jakarta.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)