Mercedes-Benz Axor 2528 R Bidik Pebisnis Logistik

Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 yang berlangsung tanggal 1-4 Maret  dimanfaatkan oleh beberapa pabrikan kendaraan komersial untuk meluncurkan produk – produk terbaru.

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI)-- selaku agen resmi penjualan kendaraan komersial Mercedes-Benz--misalnya, telah  meluncurkan seri Mercedes-Benz Axor 2528 R (Axor) , truk baru rakitan pabrik di Wanaherang, Bogor ini yang dikhususkan untuk  penggunaan komersial di sektor logistik.

Sebelumnya, DCVI  mengimpor utuh (CBU) Axor  dari  Jerman.  Namun, sejak pulihnya kondisi perekonomian nasional dan meningkatnya bisnis logistik,  ini menjadi peluang bagi DCVI. Mercedes akhirnya membenamkan investasi US$25 juta untuk membangun fasilitas perakitan. Di tempat ini sebanyak 4.500 unit truk bisa dirakit per tahun-nya.

Menurut Markus Villinger, Presiden Direktur & CEO  DVCI,  perkembangan positif di industri logistik menjadi alasan utama pihaknya  untuk meluncurkan Mercedes-Benz Axor 2528 R.  Selain itu,  pelanggan dari pihak DVCI sendiri merupakan perusahaan logistik yang skalanya cukup besar di Indonesia. "Mereka butuh kendaraan yang tangguh, efisien dan memiliki durability yang tinggi," katanya.

Axor 2528 R telah diluncurkan pada 2017 lalu. Pihak DCVI masih mengimpor bila ada permintaan konsumen.   Dengan dirakitnya truk tersebut di Indonesia, DCVI bisa lebih mudah dan juga fleksibel dalam merespons permintaan konsumen akan truk heavy duty.

Mercedes-Benz Axor 2528 R dibekali mesin Mercedes-Benz tipe OM 906 LA 6 silinder berkapasitas 6.370 cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 280 horse power  (Hp) pada 2.200 rpm dan torsi tertinggi 1.100 pada 1.200-1.600 rpm. Mesin tangguh ini dikombinasikan dengan transmisi tipe G 131-9/14.57-1.00 tipe manual transmission dengan 9 percepatan maju dan 1 mundur. Mercedes-Benz Axor 2523 R (6x2) M/T dapat dipacu hingga kecepatan maksimum 90 km per jam dengan daya tanjak maksimum 76 derajat dengan dilengkapi crawler.

Mercedes-Benz merancang truk ini dengan final gear ratio 5.375 dengan differential lock  inter-wheel. Untuk menahan muatan berat, Mercedes-Benz memasang suspensi tipe parabolic dengan stabilizer pada roda depan dan suspensi tipe semi-elliptic dengan balancer dan stabilizer pada roda belakang.

Untuk aspek keamanan, selain pengereman standar berupa rem full air, S cam, dual circuit ABS Brake, Mercedes-Benz juga menambahkan sistem pengereman exhaust brake pada truk ini.  Dalam kondisi kosong, truk ini memiliki bobot 8,100 ton. Fitur tambahan untuk kenyamanan pengemudi dan untuk hiburan di kabin, Mercedes-Benz melengkapinya dengan cruise control dan MP3 Player, lampu LED dan reverse buzzer.

Axor 2528 R dibanderol dengan harga Rp 813 juta-an per unitnya.  Pembeli  truk ini  akan mendapatkan layanan seperti flying doctor dan pelatihan teknis bagi pelanggan pengguna dari DCVI.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)