Mercedes Benz Indonesia Mulai Produksi Lokal Truk Heavy-Duty

Foto: Mercedes Benz Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT Mercedes-Benz Indonesia meluncurkan  truk heavy-duty Mercedes-Benz, kendaraan komersial (truk)  pertama hasil perakitan  di Wanaherang, Bogor--pabrik perakitan Mercedes Benz di Indonesia.  Truk jenis Axor Mercedes-Benz 2528C merupakan tipe pertama dari serangkaian truk yang akan dirakit tersebut.  Adanya perakitan kendaraan komersial tersebut  makin  memperluas portofolio produk Mercedes-Benz di segmen heavy-duty.

Markus Villinger, CEO Daimler Commercial Vehicles Indonesia, mengatakan,  Mercedes-Benz telah membangun kredibilitas yang signifikan di pasar Indonesia sejak kehadirannya pada  1950-an. “Dengan truk heavy-duty Axor yang dirakit secara lokal, kami ingin memanfaatkan warisan ini dan kekuatan merek kami untuk meyakinkan banyak pelanggan baru mengenai truk Mercedes-Benz di pasar Indonesia yang terus bertumbuh, “ ujarnya.

Pabrik perakitan Mercedes-Benz seluas 42 hektar di Wanaherang, Bogor, telah beroperasi sejak 1978  lalu dan telah membangun reputasi dengan kualitas terbaik untuk perakitan mobil dan sasis bus Mercedes-Benz. Untuk  mengakomodasi perakitan truk baru dengan kapasitas hingga 4.500 unit per tahun tersebut, produsen otomotif asal Jerman tersebut membenamkan dana  US$ 25 juta  selama beberapa tahun ke depan.   “Investasi merupakan komitmen kami terhadap Indonesia. Hal ini membawa kami lebih dekat kepada pelanggan, memungkinkan kami bekerja dengan pemasok lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi pekerja berkualitas,” tambah Markus.

Sementara itu Kay-Wolf Ahlden, Head of Daimler Commercial Vehicles’ regional center for South-East Asia,  mengatakan ,  untuk  Daimler Trucks, Indonesia adalah pasar yang paling penting di wilayah Asia Tenggara. Sejak FUSO memasuki pasar pada tahun 1970, merek ini telah berkembang menjadi pemimpin dengan portofolio produk serta penjualan dan purna jual yang kuat. “Dengan memproduksi truk Mercedes-Benz Axor secara lokal memungkinkan kami untuk menargetkan peluang pertumbuhan dengan dua merek kuat yang memenuhi segmen pasar yang berbeda.” ujarnya..

Model truk heavy-duty Mercedes-Benz pertama yang akan dirakit secara lokal adalah Axor 2528C yang hadir dengan mesin 6 silinder dan basis roda 4,2 meter, memungkinkan truk membawa muatan sebesar 20 ton sesuai kebutuhan pertumbuhan industri konstruksi di Indonesia. Model kedua yang akan dirakit  tahun ini adalah Axor 2528R yang  didedikasikan untuk aplikasi logistik. Secara keseluruhan, sebanyak 11 varian Axor direncanakan akan dirakit di pabrik Wanaherang untuk membuka segmen volume baru bagi merek Mercedes-Benz. Pada saat yang bersamaan, Mercedes-Benz akan terus menawarkan jajaran truk Actros untuk pemakaian khusus.

Rangkaian Mercedes-Benz Axor dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti Anti-Lock Brakes, kenyamanan tinggi bagi pengemudi dan daya tahan yang lebih tinggi bagi pemilik. Layanan purna jual dan suku cadang yang mencakup dukungan layanan mobile atau pelatihan pengemudi melengkapi penawaran produk yang kuat. (Rian S)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)