Mitsubishi Expander Raih Penghargaan Car of The Year 2018

Kendati masih dibayang-bayangi inden agak lama, namun pesona Mitsubishi Expander masih menawan.  Baru-baru ini Low MPV  primadona Mitsubishi tersebut terpilih sebagai Forwot Car of The Year 2018, karena mendapatkan poin tertinggi dalam proses penilaian di fase lima besar oleh para juri yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif (Forwot).

Mitsubishi Xpander berhasil unggul dengan memperoleh 216 poin, diikuti Suzuki Ertiga 160 poin, Wuling Cortez 160 poin, Toyota Rush 141 poin, dan DFSK Glory 580 133 poin. "Tahun ini, pertarungan merebutkan gelar Forwot Car of the Year semakin seru. Pertama, mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas. Selain itu, untuk pertama kalinya dua brand asal Tiongkok, DFSK dan Wuling," kata Ketua Umum Forwot, Indra Prabowo.

Forwot Car of the Year tahun ini diramaikan oleh 23 mobil baru yang dirilis selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018. Jumlah ini menurun dibandingkan peserta tahun 2017 sebanyak 32 mobil dan tahun 2016 sebanyak 28 mobil. Anggota Forwot merupakan jurnalis otomotif dari berbagai media nasional, baik cetak maupun online, melakukan pemilihan. Hasilnya, lima model keluar sebagai lima besar. Kelima model mobil tersebut adalah DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush dan Wuling Cortez.

Penilaian tahap kedua,  dewan  juri dari Forwot  yang terdiri dari 33 jurnalis serta memiliki kemampuan dan jam terbang memberikan penilaian yang mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe atau www. caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa. Parameter penulain ini tentunya  namun disesuaikan dengan pasar otomotif Indonesia. Kriteria penjurian tersebut adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental Requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu, tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.

Sebelumnya, atau April lalu Xpander  juga berhasil memenangkan penghargaan Car of The Year 2018  dari redaksi Otomotif tabloid.  Tim redaksi Otomotif tabloid menerapkan kriteria khusus untuk penilaian dan pemilihan Car of The Year.  Para kandidat  pemenang ini kdipilih dari  juara di masing-masing kelas/kategori dan  selanjutnya  dilakukan evaluasi dari berbagai aspek. Pengujiannya dilakukan dengan metode khusus yang menggunakan beberapa faktor penilaian, seperti desain, fitur, performa, handling, konsumsi bahan bakar, harga, dan faktor kebaruan. Selain itu, redaksi Otomotif tabloid juga mempertimbangkan berbagai aspek, seperti antara lain penerimaan masyarakat, termasuk penjualan, engagement dengan konsumen termasuk komunitas, dan juga value for money terbaik untuk konsumen.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Kyoya Kondo---saat sebelum dipindahtugaskan-- menyampaikan, "Mobil ini lahir dari harapan dan keinginan masyarakat Indonesia akan model small-MPV yang ideal. Penghargaan Car of The Year yang diterima Xpander membuktikan bahwa produk ini dapat memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen akan small MPV dan mobil keluarga di Indonesia."

Mitsubishi Xpander memang pantas  terpilih jadi Car of The Year 2018. Pasalnya, mobil yang diproduksi di kawasan industri Cikarang, Jawa Barat ini merupakan mobil small MPV paling laris sepanjang 2017-2018. Animo masyarakat untuk membeli mobil ini cukup tinggi. PT MMKSI punberusaha memenuhoi permintaan tersebut dengan menggenjot kapasitas produksi  pabrik Xpander  hingga 10 ribu unit per bulan. Dibanding kompetitornya, Xpander diklaim memiliki empat keunggulan yakni desain atraktif, ruang kabin luas dan nyaman, interior fungsional, serta keamanan dan kenyamanan berkendara. Berbagai kelebihan ini berhasil membuat Xpander mendapat peringkat Bintang 4 dari ASEAN New Car Assesment Program.

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)