Mitsubishi Fuso Siapkan Fighter untuk Kuasai Pasar Kendaraan Niaga

KTB sumbang satu unit Mitsubishi Fuso kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk digunakan sebagai kendaraan operasional dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi dari Mitsubishi Fuso mencatat penjualan kendaraan sebanyak 13.443 unit pada Kuartal I-2019, atau turun dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 16.722 unit. Namun angka tersebut tetap membuat Mitsubishi Fuso bertahan memimpin pangsa pasar kendaraan niaga dengan 43,5% market share pada Januari - April 2019.

Kontributor penjualan tersebut disumbangkan oleh segmen light duty truck sebanyak 11.835 unit dan medium duty truck sebanyak 1.597 unit.

Menurut Presiden Direktur KTB, Atsushi Kurita, pasar kendaraan komersial mengalami penurunan dan ketidakstabilan karena ada momen pemilu yang membuat konsumen mengambil sikap wait and see. “Tetapi kami masih bisa mempertahankan kinerja dengan merebut posisi pertama pasar kendaraan komersial di Indonesia yang sempat dipegang oleh kompetitor, Hino pada bulan Maret,” ujarnya saat media gathering Mitsubishi Fuso 2019 di Jakarta, (16/5).

Adapun Mitsubishi Fuso telah mengeluarkan varian terbarunya di kategori medium duty truck yakni Fighter yang sudah terjual sebanyak 235 unit pada tahun ini. Nantinya KTB akan memperkenalkan 7 varian baru Fighter dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. “Produk baru ini diharapkan dapat mendorong kondisi pasar dengan berkontribusi dalam mendukung pembangunan infrastruktur Indonesia,” kata Kurita.

Pada tahun 2018, Fighter telah dipasarkan secara terbatas di wilayah Sumatera dan sekarang sudah siap dipasarkan ke seluruh Indonesia. Untuk spesifikasi tenaga dan transmisi Fighter tidak ada perubahan dibanding model sebelumnya, hanya segi dimensi yang lebih panjang. “Ini karena dimensi yang panjang lebih banyak dibutuhkan oleh konsumen,” ujar Duljatmo, Direktur Pemasaran dan Penjualan KTB.

Sementara itu memasuki momen Lebaran 2019, KTB menyiagakan layanan purna jual untuk menjamin ketersediaan servis dan spare part di lokasi-lokasi pusat jalur mudik. Akan ada Fuso Truck Center 24 Jam bertempat di bengkel resmi dealer Mitsubishi Fuso yang tersebar di 14 kota, posko khusus Fuso Service Lebaran yang tersebar di enam titik arus mudik, yaitu: Simpang Jomin, Cikampek; Exit Tol Palikanci, Cirebon; SPBU Rembang; Rest Area KM 25 & KM 26, Sidoarjo; SPBU Banyuwangi, SPBU Maros, Makassar. Serta tiga dealer tambahan Fuso Dealer Jaga di Cilegon, Purwokerto dan Cirebon.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)