Optima Integra Tehnika Menjajaki Kemitraan Ekosistem Kendaraan Listrik

SPKLU PLN yang diproduksi oleh PT Optima Integra Tehnika. (Foto : Optima)

PT Optima Integra Tehnika, perusahaan manufaktur dan infrastruktur pengisian listrik berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), menjajaki kolaborasi bisnis bersama perusahaan jaringan ritel modern dan masyarakat. Nantinya, Optima Integra Tehnika menyediakan SPKLU dan SPBKLU di gerai toko ritel modern, apartemen, perkantoran, perumahan, serta area perpakiran untuk memudahkan aksesbilitas pengguna kendaraan listrik mengisi ulang baterai atau menukar baterai

Direktur Utama Optima Integra Tehnika Vicarna Yasier mengatakan, pihaknya memiliki kapasitas memproduksi alat charger SPKLU dan SPBKLU di pabrik Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Perseoan ini , lanjut Vicarna, sudah memasok SPKLU dan SPBKLU untuk BUMN dan beberapa lokasi strategis di Jakarta hingga Bali, misalnya kerja sama dengan PLN, menyediakan SPKLU untuk apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran  (Jakarta-Bali), dan SPKLU di jalan Tol (Bali Mandara). “Untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik, kami menjajaki kemitraan dengan seluruh pihak, antara lain toko ritel modern yang jaringan gerainya ada di wilayah pemukiman sehingga mudah diakses pengguna kendaraan listrik,” tutur Vicarna di Jakarta (15/6/2022).

Optima Integra Tehnika adalah perusahaan pertama yang mendirikan jaringan SPKLU dan SPBKLU sejak 2016. Perseroan berikhtiar untuk menyokong program pemerintah mengembangkan kendaraan listrik. Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo meresmikan tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada 8 Juni 2022.

Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo, menyampaikan investasi senilai Rp 142 triliun di sentra baterai listrik terintegrasi di beberapa wilayah di Indonesia ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Pada investasi ini ada penambangan nikel, smelter, pabrik prekursor, pabrik katoda, kemudian baterai listrik, battery pack, hingga mobil listrik, masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai.

Vicarna, pada keterangan tertulisnya ini, mengapresiasi dan mendukung komitmen pemerintah Indonesia yang terus memacu pengembangan ekosistem kendaraan listrik. “Optima Integra Tehnika mengoptimalkan momentum ini dengan memperluas kemitraan dengan seluruh pihak, yaitu BUMN, perusahasaan swasta nasional dan multinasional, perguruan tinggi, yayasan, dan individu,” imbuh Vicarna.

Perseroan hingga Mei 2022 telah menjalin kerja sama dengan 27 pihak, diantaranya Universitas Pamulang, Politeknik Negeri Bali, Perusahaan Umum (Perum) Damri, HeyCharge GmbH, PT Teknologi Rancang Olah Nusantara, Politeknik Transportasi Darat Indonesia (STTDPT),  PT Mobil Anak Bangsa (MAB), PT Swap Energi Indonesia, PT Prima Buana Internusa dan PT Graha Sarana Duta. Nantinya, perseroan berencana membangun lebih dari 1.000 titik SPKLU di seluruh Indonesia. Sebanyak, 35% dari SPKLU yang akan dibangun berada di Jakarta dan 65% dialokasikan untuk membangun titik-titik SPKLU di kota-kota lainnya.

Dalam melakukan upaya pembangunan tersebut, Optima Integra Tehnika bekerja sama dengan berbagai pihak, diantaranya menjalin kemitraan dengan Kawasan Industri, perumahan dan perkantoran untuk penyediaan lahan bagi pembangunan titik SPKLU maupun untuk individu. Optima Integra Tehnika juga telah mengantongi izin untuk persiapan 79 lokasi baru untuk tahun ini dan menargetkan 800 titik lokasi pada tahun berikutnya.

Perseroan juga menjajaki kemitraan dengan sejumlah pemerintah daerah untuk penyediaan SPKLU di area publik perkotaan. “Potensi kerjasama bisnis terbuka lebar. Kami bisa bekerjasama dengan pemilik lahan individual di kawasan perumahan atau pemukiman, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, fasilitas publik semisal taman, apartemen dan lainnya. Kami membuka peluang kerja sama dengan seluruh pihak, yaitu individu dan institusi, untuk menyediakan SPKLU dan penukaran baterai," ucap Vicarna.

Rencananya, perseroan akan meluncurkan SPKLU yang menggabungkan kegiatan UMKM dan SPBKLU dengan sistem yang membantu komunitas. Nantinya, hal ini bisa menyuguhkan baraneka ragam konten komersial yang bisa dimonetisasi sebagai sumber pendapatan bagi para mitra yang telah bekerja sama.

Swa.co.id

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)