zkumparan Automotive

Pelatihan Safety Riding untuk Pelajar SMA

Pelatihan Safety Riding untuk Pelajar SMA

PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan gaya hidup milenial yang peduli keselamatan berkendara dengan melatih 150 pelajar SMA melalui kegiatan Safety Riding Camp.

Serangkaian edukasi dan pembentukan karakter positif akan melahirkan generasi muda yang siap menginspirasi orang lain. Kegiatan Safety Riding Camp 2019 ini melibatkan para siswa dari 26 sekolah se-Jabotabek dan Banten. Kegiatan kreatif yang bertajuk “Cari_Aman Bukan Cari Nama” ini berupa latihan keterampilan berkendara dan diskusi berbagai topik keselamatan berkendara, serta cara mengkampanyekannya secara efektif di kalangan anak muda.

Dalam Safety Riding Camp 2019, para duta safety riding dari generasi milenial ini diajak mempelajari lebih dalam tentang teknik berkendara yang aman, diskusi tentang aturan berlalu lintas, serta dibekali pemahaman-pemahaman dasar etika berlalu lintas dengan penguatan pembahasan pada mental dasar berlalu lintas. Kegiatan ini didukung tim Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia atau yang biasa dikenal sebagai NTMC POLRI.

Generasi milenial ini juga disuguhkan perspektif baru dalam memandang perlunya mematuhi peraturan lalu lintas. Melalui buku Fiqih Lalu Lintas karya akademisi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, mereka dapat memahami lebih dalam pesan moral di balik keselamatan berkendara berdasarkan prespektif keagamaan. Buku Fiqih Lalu Lintas ini merupakan buku pertama di Indonesia yang melihat keselamatan berkendara dari persepektif moral keagamaan.

Setelah memahami secara mendalam tentang esensi penting dari keselamatan berkendara, anak-anak milenial ini dibekali cara berkampanye dan berkomunikasi yang efektif melalui penulisan kreatif, fotografi dan pemanfaatan media sosial. Hal ini menjadi bekal penting bagi mereka sebagai Duta Safety Riding Honda agar dapat menginspirasi dan mengajak pihak lain untuk memiliki gaya hidup milenial yang peduli keselamatan berkendara.

Pada hari kedua, upaya membangun karakter positif generasi milenial diwujudkan melalui beragam kegiatan, seperti praktek berkendara yang aman serta pelatihan menjadi pribadi yang lebih komunikatif dalam menyampaikan pesan, fokus pada tujuan, serta senantiasa antisipatif di setiap keadaan.

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, Safety Riding Camp merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mengampanyekan keselamatan berkendara secara aktif dan berkesinambungan. Pendekatan kreatif ini menyasar generasi milenial yang merupakan bagian penting dari terciptanya perilaku berkendara aman dan menyenangkan di masa depan. “Dengan bekal karakter positif yang dikolaborasikan komunikasi efektif khas anak muda, kami berharap dapat tercipta budaya baru dalam berlalu lintas sekaligus mengembangkan model kampanye yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan zaman,” ujar Muhibbuddin.

Empat anak perusahaan AHM juga mengirimkan pelajar dari sekolah binaannya untuk mengikuti Safety Riding Camp 2019, yaitu SMK Fajar Sentosa Cileungsi (binaan PT Suryaraya Rubberindo Industries),SMKN 1 Cikarang Barat (binaan PT Yutaka Manufacturing Indonesia), SMK Bina Nasional Informatika Cikarang Utara (binaan PT Showa Indonesia Manufacturing), dan SMA Negeri 2 Cikarang Selatan (binaan PT Musashi Auto Parts Indonesia).

Selain itu, main dealer Honda wilayah Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati, turut mengirimkan peserta dari sekolah binaannya yaitu SMK Taman Siswa, serta Main Dealer Honda wilayah Banten, PT Mitra Sendang Kemakmuran, mengirimkan perwakilan dari SMK Muhammadiyah Tirtayasa Serang.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved