Penjualan Daihatsu 169 Ribu Unit Sampai Oktober 2018

Rudy Ardiman, Corporate Planning Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Rudy Ardiman, Corporate Planning Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan, total pasar mobil Indonesia dari Januari - Oktober 2018 sebesar  963 ribu unit.  Untuk bulan Oktober saja sebesar 106 ribu unit. Perkiraan tahun 2018 sebesar 1.138-1.150 ribu unit. Sementara itu, kontribusi Daihatsu terhadap total pasar otomotif year to date (YTD) Oktober sebesar 169 ribu unit, dengan market share 17,5% YTD Oktober,” ujarnya saat Workshop Forum Wartawan Industri di Jakarta (21/11/2018).

Rudy menambahkan, model Toyota Sigra berkontribusi paling besar terhadap penjualan, yaitu 25%. Untuk Grand Max pick up dan mini bus 29%, Xenia dan Terios masing-masing 15%, serta Ayla 13%.

Untuk kinerja produksi, ADM memproduksi dua tujuan pasar; domestik dan ekspor. “(Produksi untuk pasar) domestik sendiri YTD Oktober 2018 sebesar 353 ribu unit dan untuk ekspor sebesar 105 ribu unit. Negara tujuan ekspor kami sebanyak 68 negara, tapi kalau untuk tujuan destinasi itu ada 88 destinasi," Rudy menambahkan.

Ia mengungkapkan, tantangan ADM dalam melakukan ekspor, khususnya ke Jepang, adalah harus menyesuaikan dengan standar di sana. “Tapi secara prinsipal  kami sudah jauh lebih baik dibandingkan kalau menargetkan ke negara lain. Itu prosesnya lebih mudah, sekali tembus ke sana (Jepang) secara kualitas, ke negara lain akan lebih mudah. Adapun kontribusi Jepang terhadap total ekspor adalah 14% dan kontribusi pasar Asia sebesar 62%,” tambah Rudy.

Dalam sektor riset dan pengembangan, Daihatsu memiliki 3 fasilitas. Pertama, desain atau styling. Desain Ayla dan Agya sudah dipersiapkan sejak awal agar mudah dimodifikasi dan ditambah-kurangkan sesuai dengan permintaan ekspor. Misalnya, desain dipermudah untuk penambahan heater mobil yang ada di luar negeri tapi tidak ada di Indonesia.

Kedua, engineering. Ketiga, testing facility, di mana Daihatsu merekam kontur 24 tipe jalan yang mewakili karakter jalanan di Indonesia. Nantinya data tersebut akan diteliti apa pengaruhnya terhadap produk.

ADM memasarkan 7 produk yang diproduksi sendiri, yaitu Xenia, Terios, Gran Max, Hi-Max, Luxio, Astra Daihatsu Ayla dan Astra Daihatsu Sigra. Selain itu, ADM juga memasarkan produk impor dari Malaysia, Daihatsu Sirion dan produk impor Jepang, Daihatsu Copen.

Saat ini ADM, yang telah berdiri sejak 1978, memiliki 12.612 karyawan per Oktober 2018. Pada awal tahun 2018, ADM telah memiliki 237 sales showroom, 185 after sales workshop, dan 3.169 parts shop. Produk-produk ADM dihasilkan dari beberapa pabrik di daerah Subang, Cibitung, Karawang Barat, dan Karawang Timur dengan total kapasitas produksi 530 ribu per tahun.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)