Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah Dua SPKLU

PLN menambah dua unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dua unit SPKLU di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan ini merupakan SPKLU ke-16 dan ke-17 yang dipasang di Jakarta, dengan masing-masing kapasitas 25 kW dan 30 kW.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari, mengatakan pihaknya mengapresiasi peran dan kontribusi PLN atas segala upaya dan komitmen untuk mendukung penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), salah satunya dengan penyediaan infrastruktur SPKLU di kantor pemerintah.

“Kementerian ESDM berkomitmen mendukung terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan dengan sumber energi Bahan Bakar Minyak (BBM),” ujar Ida.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menambahkan, untuk menjaga ketersediaan energi di masa depan, transisi energi harus dilakukan. Hal ini juga turut memperbaiki neraca perdagangan dengan mengurangi biaya impor energi.

"Dalam pertemuan G20 dan COP26, indoensia mencanangkan Net Zero Emission di tahun 2060 sehingga diperlukan percepatan program transisi ke penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan khususnya transportasi melalui akselerasi penggunan kendaraan listrik," tuturnya.

Bob menambahkan, penyediaan SPKLU  di lingkungan kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM merupakan salah satu dukungan PLN dalam mendorong infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik di Indonesia. Sampai dengan bulan Desember 2021, PLN telah berhasil menyediakan SPKLU sebanyak 96 unit EV Charger di 73 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

PLN juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku industri yang relevan untuk terlibat dalam penguatan ekosistem KBLBB, sehingga tercipta sharing economy model.  

“Kami akan memperbanyak kerjasama dengan pihak swasta untuk pembangunan SPKLU. Tahun ini yang akan kami genjot kerjasama dengan para pemilik Apartemen, pemilik pertokoan, pemilik mall dan kantor kantor BUMN," terangnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)