Rayakan HUT ke-50, Toyota Indonesia Luncurkan Kijang Innova Limited Edition

Pabrik pertama Toyota di Indonesia yang berdiri pada tahun 1971. (dok. TMMIN)

Untuk merayakan 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia, Toyota meluncurkan 50 unit Kijang Innova Limited Edition sebagai simbol komitmen Toyota untuk selalu mengedepankan semangat tumbuh bersama masyarakat Indonesia.

Menggunakan Kijang Innova Reborn sebagai dasarnya, Kijang Innova Limited Edition ini akan tersedia pada Kijang Innova V Luxury Gasoline AT dan Venturer Diesel AT. Edisi khusus ini hadir dengan stiker emas sebagai simbol peringatan 50 tahun Toyota Indonesia. Stiker ini didesain khusus dengan motif yang menggambarkan perjalanan Toyota Kijang dari Generasi 1 hingga Generasi 6 saat ini.

Kisah sukses Toyota Indonesia sangat erat dengan Kijang yang  merupakan singkatan dari “Kerjasama Indonesia-Jepang”. Transformasi Kijang merupakan cerminan perkembangan industri otomotif Indonesia. Dimulai dengan bentuk paling sederhana sebagai kendaraan komersial, Kijang menandai produksi 2 juta unitnya pada tahun 2018 dan menjadi sebuah kenangan hidup bagi keluarga Indonesia. 

Perkembangan BUV (Basic Utility Vehicle) yang sangat tinggi di Indonesia melahirkan produk fenomenal Kijang pada tahun 1977. Model Kijang pertama adalah Light Commercial Pick Up. Pada saat itu hari Senin pagi di Istana Kepresidenan Jakarta, Toyota menyerahkan lima mobil Kijang Pickups kepada Presiden Soeharto sebagai sumbangan 40 unit Palang Merah Indonesia.

Berkat kemampuannya dalam memproduksi Kijang, Toyota Indonesia dipercaya sebagai salah satu produksi global untuk produk-produk seperti Fortuner, Vios, Yaris, dan Sienta yang menjangkau lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

Menurut Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, bagi Toyota, Indonesia merupakan “negara asal kedua” dan memiliki peran yang sangat penting. Toyota Indonesia telah menjadi salah satu basis produksi dan ekspor utama kendaraan Toyota.

“Kami ingin memberikan kontribusi yang lebih nyata bagi bangsa dan masyarakat Indonesia untuk 50 tahun ke depan dan seterusnya, dalam situasi apapun melalui kerjasama dengan berbagai pihak dan terus menjalin hubungan yang harmonis dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan lainnya. Kami juga terus mengembangkan rantai pasokan lokal termasuk usaha kecil dan menengah untuk komponen dan material, terutama untuk menghadapi tantangan masa depan,” ujar Warih.

Toyota berkomitmen untuk menyediakan solusi mobilitas yang komprehensif, termasuk yang terkait dengan teknologi elektrifikasi. Sebagai wujud komitmen tersebut, di hari jadinya yang ke-50 ini, Toyota menghadirkan ekowisata yang terintegrasi dengan produk elektrifikasi Toyota melalui proyek EV Smart Mobility di Bali.

Dalam proyek Smart Mobility EV ini, Toyota telah menyiapkan 3 line-up kendaraan berlistrik Toyota, baik yang menggunakan teknologi Battery EV (BEV) maupun Plug-in Hybrid (PHEV). Total ada 30 unit kendaraan listrik Toyota yang bisa digunakan pengguna, terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C + pod, dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Proyek EV Smart Mobility diharapkan tidak hanya memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan menggunakan produk elektrifikasi Toyota, tetapi juga dapat berpartisipasi dalam proses pemulihan industri pariwisata dan pelestarian lingkungan di Bali, serta untuk mempopulerkan elektrifikasi ke masyarakat yang lebih luas.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)