Resep Dharma Group Meningkatkan Pemesanan Komponen Otomotif

Dharma Group 460 robot untuk memproduksi komponen otomitif. (Foto : Dharma Group)

PT Dharma Polimetal (Dharma Group) membukukan pemesanan komponen otomotif dari pabrikan otomotif. Pemesanannya meningkat seiring dengan tren pabrikan otomotif merilis mobil model terbaru di penghujung tahun 2021. Hal ini membuat prospek kinerja perusahaan milik Triputra Group tersebut menjadi lebih baik di tahun depan. Irianto Santoso, Presiden Direktur Dharma Group mengungkapkan tren tersebut telah memberikan dampak yang baik terhadap permintaan pabrikan otomotif Seiring dengan banyaknya model mobil baru yang bermunculan. “Sekaligus memberikan multiplier effect yang lebih besar dalam mendorong kemajuan industri komponen otomotif ke depan,” ujar Irianto di Jakarta, Senin (15/11/2021).

Selain adanya insentif PPnBM DPT, penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang diresmikan pada 11 November 2021 juga menjadi salah satu faktor utama kenaikan permintaan komponen otomotif.  Pada ajang pameran otomotif tersebut, agen tunggal pemegang merek (ATPM) bersaing dalam menunjukan mobil keluaran terbarunya. Mobil baru yang luncurkan pun beragam mulai dari sport utility vehicle (SUV), plugin hybrid electric vehicle (PHEV) hingga electric vehicle (EV).

Menyambut momen kebangkitan industri otomotif tersebut, Dharma Group yang telah berpengalaman di industri otomotif nasional, saat ini mengandalkan sumber daya manusia yang kompeten dan melakukan otomatisasi menggunakan teknologi robotik. Selain itu, Perusahaan juga didukung oleh infrastruktur yang memadai seperti lokasi pabrik yang cukup strategis dan terintegrasi, fasilitas penunjang dengan teknologi canggih, serta menerapkan digitalisasi di rantai proses bisnisnya dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Contohnya, saat ini Dharma Group telah menggunakan lebih dari 460 robot untuk menunjang skalabilitas produksi suku cadang kendaraan. Irianto menjelaskan kompetensi SDM dan teknologi robotik yang canggih di Dharma Group ini mampu memproduksi komponen otomotif berkualitas untuk model mobil terbaru pelanggan. “Kehadiran mobil-mobil baru yang diproduksi oleh customer kami akan memberikan peningkatan permintaan komponen otomotif khususnya untuk roda empat untuk tahun 2022, sehingga dapat mengimbangi permintaan komponen otomotif roda dua,” tutur Irianto.

Sebagai informasi, pendapatan Dharma Group pada semester I/2021 senilai Rp 1,3 triliun dan laba bersih sebesar Rp 100 miliar.Ppendapatan maupun laba bersih mengalami pertumbuhan dibanding tahun sebelumnya meskipun industri komponen otomotif sendiri belum pulih sepenuhnya. “Kami sebagai perusahaan manufaktur komponen otomotif, optimis bahwa kehadiran mobil baru akan membangkitkan industri komponen otomotif ke depannya,” ujarnya. Untuk itu, perusahaan manufaktur komponen otomotif ini mengandalkan penguasaan teknologi dan sumber daya manusia yang andal untuk untuk menciptakan manufaktur komponen otomotif yang lebih efisien.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)