Setelah Pickup,  SUV Sokon Pun Bakal Menjajal Pasar Indonesia

Setelah meluncurkan kendaraan niaga, pikap Sokon Supercab,  PT Sokonindo Automobile (SA), perusahaan otomotif asal Cina, berencana akan memasarkan produk SUV tujuh penumpang tahun depan. Demikian keterangan  Du Xian Ju, General Manager  Marketing Sokonindo Automobile. “Tahun depan kami pasarkan SUV. Modelnya seperti di Cina dan menjadi model terlaris,” katanya (Sabtu, 8 Juli) di Pekan Raya Jakarta 2017.

SUV Sokon (foto:www.mobil123.com)

Du manambahkan, SUV 7 penumpang  itu akan menjadi model awal Sokon  untuk bersaing di segmen kendaraan penumpang.  Di Cina,  SUV  Sokon dikenal sebagai Dongfeng Glory 580. Model ini diklaim sebagai SUV modern dengan desain ala Eropa. Sokon  SUV  akan bersaing dengan pasar SUV yang sudah diisi oleh Honda CRV, Nisan X-Trail, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero. Rencananya mobil ini akan mengusung mesin 1500 cc  turbocharged  dengan sistem transmisi manual dan otomatis. Sokon SUV akan dibanderol dengan harga Rp 280 juta-an."

Sementara Sokon Pikap Super Cab, ditawarkan dengan dua pilihan mesin yakni 1500 cc bensin dan 1300 cc disel turbo. Kedua kendaraan niaga yang diluncurkan memiliki kelebihan untuk para calon konsumennya di Indonesia.  Sokon melihat bahwa  potensi Indonesia sebagai salah satu negara ekonomi terbesar di ASEAN, menjadi salah satu alasan untuk memasarkan kendaraan niaga dan penumpang.

Untuk itulah,  Sokonindo berinvestasi untuk membangun pabrik  perakitan yang modern dengan sistem otomtais. Kedua pikap ini diproduksi  di pabrik Sokon yang berada Cikande, Banten, Jawa Barat. Sedang untuk mesin 1.500 bensin diproduksi sendiri dari pabrik Sokon di China, sementara yang diesel import dari Italia. Kedua pikap  Sokon dbanderol dengan harga Rp 119,9  (bensin) dan Rp 167 juta (diesel).

Sokon merupakan pendatang baru industri otomotif di Tanah Air. Produsen mobil asal Cina ini berada di bawah naungan PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang brand DFSK. Pikap Sokon akan bersaing dengan  Tata Motors, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi.

Sokon bermesin bensin bertenaga  73,9 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan mesin turbo diesel 1.300 cc memproduksi 100 tenaga kuda pada 4.000 rpm dan torsi 190 Nm pada 1.750 rpm. Baik varian bensin maupun mesin diesel telah dilengkapi, sistem audio single DIN, AC dan power steering sebagai fitur standar. (Rian S)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)