Automotive

SIS Bidik Pangsa Pasar XL7 20%

Peluncuran Suzuki XL7 Bidik 20% Pangsa Pasar

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya meluncurkan model terbaru, Suzuki XL7. Mobil yang disebut sebagai “The New Extraordinary SUV” ini menjadi penantang pasar baru di segmen MSUV (medium SUV) . Targetnya, meraih pangsa pasar sampai 20%.

Tahun ini genap 50 tahun kehadiran Suzuki di pasar Indonesia. Bertepatan dengan momen bersejarah ini, SIS merilis model terbaru secara global di Indonesia di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah (15/2/2020).

“Kami melihat Indonesia sebagai pasar penting bagi Suzuki sejak hadir pada 50 tahun lalu. Maka itu peluncuran global Suzuki XL7 diadakan di Indonesia. XL7 juga akan menjadi salah satu andalan ekspor yang kami targetkan ke 30 negara. Dengan hadirnya XL7, kami harap mampu mengoptimalkan pasar mobil Suzuki di Indonesia sebagai pilar ketiga di dunia bagi Suzuki,” ungkap Seiji Itayama, Presiden Direktur SIS.

Suzuki XL7 hadir dengan desain bold dan gagah dengan konfigurasi tujuh tempat duduk yang luas untuk kenyamanan penumpang. Suzuki XL7 juga memiliki berbagai fitur canggih yang membuat pengalaman berkendara semakin luar biasa dan melengkapi gaya hidup keluarga Indonesia.

Mesin mobil ini K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Lalu, dimensi 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm dan jarak sumbu rodasepanjang 2.740 mm yang didukung dengan ground clearance setinggi 200 mm.

Suzuki XL7 juga memiliki tampilan eksterior dengan muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp with DRL, dan roof rail. Dari segi interior, Suzuki XL7 memiliki kabin yang lebih nyaman dengan warna hitam yang sporty dan armrest pada baris pertama serta kedua. Terdapat juga audio system touch screen 8 inch, carbon fibered pattern dashboard, ventilated cup holder, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modern.

“Suzuki XL7 memiliki tiga keunggulan utama yaitu eksterior yang tangguh, interior yang nyaman, serta berbagai fitur yang canggih. Seluruh kelebihan itu membuat XL7 sebagai SUV 7-seater yang tangguh dengan tampilan yang lebih modern dan berkarakter,” terang Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Suzuki XL7 tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, 6 pilihan warna, serta 3 varian yaitu Zeta, Beta, dan Alpha dengan 7 varian warna. Harga on-the-road Jakarta mobil ini pada rentang Rp 240-267 juta. Dony menjelaskan targetnya Suzuki XL7 tahun ini bisa meraih pangsa pasar 20%. “Market dari MSUV kira-kira 10 ribu, artinya jika targetnya 20% kira-kira ada 2000 unit. Rata-rata jualan kami sebelum XL7 hadir adalah 10 ribu, jadi diharapkan dengan kehadiran model baru ini total jualan kami menjadi 12 ribu unit tahun ini,” jelasnya.

Untuk mencapai target pangsa pasar tersebut, Donny menjelaskan, langkah yang diambil SIS adalah pendekatan lebih dahulu ke pengguna-pengguna setia mobil Suzuki. Menurutnya, pasar MSUV agak berbeda, pasar ini pembelinya adalah mereka yang sudah menggunakan mobil sebelumnya atau additional/replacement car. “Maka itu kami akan kontak konsumen-konsumen lebih pada saat kami menghadirkan produk baru,” tuturnya. Khusus trade in, konsumen loyal Suzuki ada tambahan cash back selama bulan Februari sebesar Rp 3,5 juta.

Lalu secara aktivitas promosi dan pemasaran, SIS menggandeng para klub Suzuki yang sudah ada, agar konsumen lebih intim lagi. Ia menegaskan meski ada produk baru, Suzuki Ertiga yang selama ini menjadi unggulan SIS, tidak akan beririsan pasar. Sebab dari sudut pandang demografis, untuk XL7 hampir 50% merupakan additional atau replacement car. Sedangkan Suzuki Ertiga 70-80 merupakan first car buyer.

Alasan lain, terkait gender customer, untuk Suzuki Ertiga 70-80% lebih dipilih pengguna laki-laki. Justru Suzuki XL7 sekitar 70% diplih pengguna perempuan. Menarik ini, mengingat mobil ini terlihat ‘gagah’. “Secara psikografis, pembeli Ertiga lebih ke functional rational, sedangkan XL7 masuk dalam functional emotional,” jelasnya. Menurut data, biasanya pembeli MSUV, yang merupakan segmen mobil XL7 ini, lebih mature dengan usia 35-40 tahun. “Kuncinya dalam peluncuran produk baru ini, kami memberikan value for money product,” tandasnya.

“Saya sudah punya stok, mobil ini sudah ready. Produksi kira-kira di angka 2000-an per bulan,” ungkapnya. Selain untuk konsumsi pasar lokal, produksi pabrik di Cikarang dari XL7 12.600 unit akan dikirim ke 30 negara dalam setahun.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved