Strategi MKKSI Jaga Performa Penjualan di 2019

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI

Data penjualan ritel GAIKINDO tahun 2018, kendaraan penumpang dan niaga ringan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi, mencatat penjualan 146.805 unit. Penjualan kendaraan penumpang dan niaga meningkat 84% dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini dipaparkan Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI di Kaffein SCBD Jakarta beberapa waktu lalu. Penjualan kendaraan penumpang mencapai 98.964 unit yang terdiri dari Pajero Sport, Xpander, Outlander sport, Delica dan Mirage. Capaian ini naik 174% lebih dibanding 2017 dengan dominasi kontribusi Xpander yang sukses di pasar Indonesia. Dan penjualan penjualan kendaraan niaga ringan sebanyak 47.841 unit yang terdiri dari Triton, Colt L300 dan Colt T-120ss. Untuk penjualan kendaraan niaga naik 9,6% dibandingkan dengan capaian tahun 2017.

Xpander yang diluncurkan di ajang GIIAS 2017 secara ritel angka penjualannya sudah mencapai 100.000 unit pada awal Maret 2019. Capaian penjualan ritel ini menjadikan Xpander sebagai model kendaraan yang mencapai penjualan tercepat ke 100.000 unit di kelas small-MPV dalam kurun waktu 18 bulan. Seremoni penyerahan unit ke-100.000 dilaksanakan pada kesempatan pertemuan tahunan MMKSI dan media massa nasional pada 13 Maret 2019.

Angka penjualan industri mobil Indonesia tahun 2018 naik tipis 6%, turut memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan sehingga berhasil meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan di tahun 2018.

Keberhasilan MMKSI dalam meningkatkan pangsa pasar di kedua segmen tersebut merupakan bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam menggarap pasar kendaraan di Indonesia. "Model Mitsubishi Xpander berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut meningkatkan volume dan kontribusi segmen low-MPV,” kata Nakamura.

Proyeksi dan target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan tahun 2019 sebesar 1,1 juta unit, serta banyaknya kompetitor yang meluncurkan produk ke pasar Indonesia makin memacu semangat dan optimisme MMKSI untuk berkompetisi dalam memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen.

Nakamura mengatakan untuk tahun ini pihaknya sudah mematok target yang disebutnya tidak terlalu pesimis tapi juga tidak terlalu optimis. Target moderat yang dipatok untuk penjualan MKKSI tahun ini diharapkan tercapai 150 ribu unit, dengan rincian 108 ribu unit penjualan kendaraan penumpang dan 42 ribu unit kendaraan niaga.

Target tersebut seiring dengan rencana peningkatan produksi pabrik Mitsubishi Motor di Cikarang yang semula 110 ribu unit pada 2018 menjadi 160 ribu unit per tahun. “Sekitar 50% dari total produksi tersebut akan didedikasikan untuk Xpander karena termasuk untuk memenuhi pasar ekspor,”
imbuhnya. Peningkatan tersebut juga dikarenakan produksi Nissan Livina di
pabrik ini.

“Kami yakin tahun ini akan bisa mengantarkan Xpander yang masih tinggi permintaannya ke pelanggan tepat waktu,” tegasnya. Untuk mencapai target tersebut MMKSI akan meningkatkan dealer penjualan dari 127 hingga akhir tahun lalu menjadi 150 gerai tahun ini.

MMKSI juga telah meningkatkan layanan purna jual pada 2018
terhadap pelanggan yang memudahkan keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, antara lain dengan: menggelar program kampanye perbaikan tanpa biaya, program siaga dan servis selama periode libur hari raya, SMART Package dan Service Booking Card untuk model Xpander dan menyedriakan aplikasi mobile My Mitsubishi Motors IDE.

Lalu menegaskan komitmen mempercepat pengiriman kendaraan
seperti disampaikan Nakamura. Bahwa tahun ini saat ini waktu inden dan
pengiriman unit Xpander sudah berjalan normal dengan rata-rata waktu pengiriman maksimal satu bulan untuk wilayah DKI Jakarta. Adapun rencana produksi pada pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia akan ditingkatkan hingga 160.000 unit per tahun di tahun fiskal 2020.

Kemudian pengembangan jaringan diler resmi dan Miitsubishi
Bodi & Cat. MMKSI berencana memenuhi target pengembangan diler resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi menjadi 153 diler resmi kendaraan penumpang di akhir tahun fiskal 2019. Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Cat juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2019 menjadi 20 fasilitas di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk memperoleh layanan terbaik dengan standar Mitsubishi.

Meningkatkan kepuasan konsumen tentu saja menjadi strategi yang disiapkan MKKSI dalam mencapai target bisnis tahun ini. MMKSI memiliki target mempertahankan dan meraih kepuasan konsumen tertinggi konsumen
melalui layanan penjualan dan purna jual dengan target meraih penghargaan SSI dan CSI no.1 tahun 2019.

Untuk mendukung semua strategi tersebut dilakukan komunikasi
terintegrasi. Sebagai sarana pendukung utama pencapaian target, aktivitas above the line, below the line, PR dan digital akan lebih terintegrasi dengan peningkatan saluran komunikasi yang lebih optimal; menggelar beragam event, mulai dari partisipasi pada pameran otomotif berskala international, regional hingga pameran yang diselenggarakan dengan menerapkan standar MMKSI dalam desain booth dan konsep pameran untuk memperkuat brand Mitsubishi Motors.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)