Tata Siap Ramaikan Pasar Kendaraan Komersial

Setelah akan memproduksi kendaraan militer untuk TNI--bekerja sama dengan PT Pindad--Tata Motors, produsen otomotif asal India,  siap meramaikan segmen kendaraan komersial Tanah Air.

Saat ini, Tata telah meluncurkan produk  otomotif  mulai dari pikap sampai dengan truk besar. Dan, tak lama lagi 4 jenis kendaraan produk Tata terbaru bakal diluncurkan ke pasar.

Menurut Biswadev Sengupa, Presiden Direktur PT Tata Motors Distribusi Indonesia, keseriusan Tata Motors  dalam menggarapa  pasar Indonesia ialah dengan meluncurkan produk baru serta membuat jaringan pemasaran.  "Kami akan luncurkan model truk baru di pameran otomotif GIIAS 2018 mendatang. Produk tersebut membuat model yang dijual di Indonesia lebih banyak," kata Biswadev saat konferensi pers di Senayan, Jakarta (4/6/2018).

Biswadev,  menambahkan, truk yang akan diluncurkan pada Agustus  mendatang itu bisa memenuhi permintaan di segala sektor kendaraan niaga. Tak kurang empat model baru untuk konsumen truk di Tanah Air. "Kami punya tiga sampai empat model baru. Truk untuk industri semen, pertambangan, konstruksi, dan sektor lain yang dibutuhkan. Truk-truk ini sudah meluncur lebih dulu di India. Tetapi kami melakukan penyesuaian agar sesuai untuk kebutuhan kendaraan konsumen di Indonesia," ujarnya.

Truk yang akan dipasarkan di Indonesia didesain khusus, misalnya wheelbase yang lebih panjang dibanding yang dijual di negara asalnya, India. Bahkan,  sebelum dijual ke pasar, truk tersebut telah diuji kemampuannya  selama  lebih dari dua tahun, termasuk di medan off road.  Untuk itulah, Tata optimistis  truk tersebut cocok dengan kondisi di Indonesia.

Truk baru Tata Motors ini juga mengaplikasikan gabungan teknologi dari beberapa negara. Sasis, misalnya,  menggunakan teknologi Meksiko, mesin dan suspensi dari Amerika, sementara perakitan serta teknologi dari Korea dan Jepang.

Produk truk Tata LX 2528 yang telah diluncurkan sebelumnya, misalnya,  telah menggunakan sistem penggerak 6x4, yang memang disesuaikan untuk medan off-road. Truk ini punya berat 25 ton, dengan mesin Cummins standar emisi Euro 3 yang mampu memuntahkan tenaga hingga 280 daya kuda dan torsi puncak 975 Newton meter. Truk yang masuk kategori Heavy duty truck ini hadir dengan transmisi sembilan percepatan, dan dapat melaju hingga kecepatan 87 kilometer per jam.  Tata Prima LX 2528.K Cabin Chassis dijual dengan harga Rp802.4 juta dan harga on the road untuk Tata Prima LX2528.K Dump Truck Full Karoseri sebesar Rp 992,5 juta per unit.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)