Tata Super Ace HT, Peruntungan Tata di Segmen Pikap?

Foto: Tatamotors.co.id

Tata Super Ace HT, kendaraan niaga (pikap) terbaru produk Tata (India) telah diperkenalkan pada acara GIIAS di ICE, Serpong  2017 lalu. Meski jauh dari hiruk-pikuk publikasi, penetrasi mobil ini cukup bagus—khususnya di wilayah Indonesia Timur. Dan, untuk itulah PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI)—Distributor Tata di Indonesia—memilih peluncuran  mobil ini ke  Makassar, salah satu pasar potensialnya.

Menurut Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, peluncuran mobil niaga tersebut selain  untuk memperuas pasar,  juga untuk  memenuhi kebutuhan daya angkut lebih baik, daya menanjak lebih baik, dan konsumsi bahan bakar lebih baik. Ini bukan berarti produk yang lain tidak bagus, tapi Tata memiliki keunggulan tersendiri. “Kami memperkenalkan Super Ace HT.  Kendaraan niaga yang  dibekali rasio gir poros belakang yang lebih besar dan interior  yang lebih elegan. Super Ace HT,  telah diuji di berbagai medan di Indonesia dan mendapatkan respons yang sangat positif dari konsumen dan operator,” ujarnya dalam keterangan resminya (21/10).

Makassar terpilih menjadi kota pertama dalam rangkaian peluncuran regional Super Ace HT karena TMDI ingin memperkuat fokus pemasaran produk pick up di timur Indonesia. Pangsa pasar terbesar piap India ini memang di Indonesia Timur. Penjualan TMDI adalah di Indonesia bagian timur dan respons konssumen terhadap Super Ace  cukup bagus.  Untuk itulah, tidak heran bila satu-satunya pick up bermesin diesel di kelasnya ini sukses menjadi tulang punggung penjualan Tata Motors di Indonesia. Super Ace HT diharapkan akan melanjutkan sukses versi terdahulunya dan mampu memenuhi harapan pengguna yang didominasi oleh pengusaha yang membutuhkan pick up 1 ton yang irit bahan bakar, terjangkau harganya, perawatannya mudah, termasuk harga suku cadangnya paling terjangkau di kelasnya.

Biswadev menambahkan,   sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2013 lalu, Super Ace telah terjual  lebih dari 2.500 unit  di seluruh Indonesia. Pada tahun fiskal 2016-2017, wilayah Indonesia timur memberikan kontribusi hampir 45% pada penjualan Super Ace dari seluruh Indonesia dan kontribusi tersebut diharapkan akan naik di tahun fiskal 2017-2018. Karena itulah, melalui dealer 3S resmi di Makassar, PT Celebes Prima Sejahtera (CPS), TMDI menargetkan Super Ace HT dapat menjadi pikap pilihan utama di Makassar.

Tata Super Ace HT (High Torque) dibekali mesin diesel 1.400 cc dengan transmisi manual lima percepatan. Tenaganya mencapai 70 HP pada 4.500 rpm dan torsi puncaknya 135 nm pada 2.500 rpm. Performa tersebut disalurkan ke kedua roda belakang melalui rear axle ratio (RAR) 4.88. Kecepatan maksimalnya 125 kpj dan mesinnya berstandar emisi Euro II dan Euro III. Karakter mesin diesel Super Ace bekerja optimal pada putaran mesin rendah. Hal tersebut menjamin konsumsi bahan bakar yang sangat ekonomis. Gesekan antar komponen yang rendah menjamin usia pakai komponen menjadi lebih panjang dan berkontribusi terhadap biaya perawatan yang rendah dan lebih baik daripada mesin bensin. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)