Tips Mudah Bikin Mobil Kembali Bersih dan Nyaman

Foto: Istimewa/ilustrasi

Setelah urusan mesin dan komponen mekanis mobil sudah dicek performanya, hal lain yang perlu dilakukan AutoFamily yang baru pulang mudik dengan mobil pribadi adalah membersihkan mobil. Tak dipungkiri, kondisi cuaca yang tidak menentu sepanjang perjalanan membuat bodi mobil kotor, baik debu maupun cipratan air hujan. Lebih lagi kabin mobil yang kotor karena sisa-sisa makanan, minuman, dan kemungkinan masuknya kotoran yang terbawa oleh alas kaki. Berikut tips mudah ala Auto2000. 

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti air bertekanan, kain chamois, kain mikrofiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih dan bahan perawatan mobil. Pastikan seluruh alat yang digunakan dalam kondisi baik sehingga tidak merusak permukaan cat mobil atau panel interior. Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung dan usahakan di pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu dingin atau panas.

AutoFamily bisa memulai dengan menyemprot menggunakan air bertekanan dari kolong mobil dan ban untuk merontokkan kotoran yang menempel, terutama sisa air hujan. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat. Selanjutnya, gunakanlah sampo mobil untuk membersihkan bodi mobil dan dibilas untuk meluruhkan kotoran. Gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil. Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi dan kaca mobil.

Kemudian, tahap selanjutnya adalah bersihkan ruang mesin. Sebaiknya tidak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan tinggi. Cukup memakai lap atau mikrofiber basah untuk mengangkat kotoran di ruang mesin.  Kabin dan bagasi juga wajib dibersihkan. Kalau perlu pakailah vacuum cleaner untuk menyedot debu, agar kabin dan bagasi bersih kmbali.  “Perjalanan mudik dan libur Lebaran meninggalkan jejak berupa kotoran yang mengganggu dan membuat mobil tampak kusam.  Oleh sebab itu, lakukan proses membersihkan yang efektif supaya mobil kembali bersih. Namun bila AutoFamily tidak cukup waktu silahkan datang ke bengkel Auto2000 untuk mencuci sekaligus mendapatkan layanan salon mobil yang tersedia” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan resminya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)