Toyota Jual 331.797 Unit Kendaraan pada 2019

Foto : TAM

PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer sebanyak 331.797 unit dan meraup pangsa pasar 32,2% di Indonesia pada 2019.

Dibandingkan dengan kinerja pada 2018, penjualan TAM tahun 2019 menurun 5,7%. Angka ini lebih rendah dari penurunan total pasar domestik sebesar 10,5%.  Total pasar mobil nasional pada 2019 lalu sebanyak  1,03 juta unit,  lebih rendah ketimbang 2018 sebesar 1,151.143  unit. Demikian kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM, dalam keterangan resminya ( 21/1/2020).

Henry menambahkan, meski penjualan turun, namun
pangsa pasar Toyota justru naik dibanding dengan 2018 lalu yang sebesar
30,6%.  Kenaikan pangsa pasar di tengah lesunya industri otomotif nasional merupakan cerminan loyalitas konsumen terhadap Toyota. “Kami bersyukur  bahwa penjualan 2019 mencerminkan loyalitas
konsumen terhadap produk-produk Toyota yang senantiasa terjaga dan terpelihara seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Penjualan Toyota sepanjang 2019  ditunjang dengan naiknya penjualan Avanza-Veloz di segmen mobil Low MPV, Toyota Rush di segmen medium sport utility vehicle (SUV), dan Camry di segmen sedan medium. Penjualan segmen MPV--terutama Avanza dan Veloz-- sebanyak 203.205 unit; memberi kontribusi sebesar 61,2%. Kedua model mobil sejuta umat ini penjualannya naik  5,1% dibanding tahun sebelumnya menjadi 86.374
unit. Begitu juga dengan pangsa pasarnya yang ikut terdongkrak  dari 28,7% menjadi 34%.

Penjualan Toyota Rush tahun ini mencapai 78.657 unit atau berkontribusi sebesar 23,7% terhadap total penjualan Toyota. Model
low SUV ini menjadi kontributor tertinggi dengan angka penjualan sebanyak 61.659 unit, naik 15,9% dibanding tahun sebelumnya. Pangsa pasarnya meningkat menjadi dari 42,1% pada 2018 menjadi 54% pada 2019.

Di segmen sedan, Toyota mampu menjual 2.853 unit atau meningkat 36,6% dibanding 2018. Toyota Camry terjual 1.722 unit meningkat 136,9% dibandingkan tahun sebelumnya.  Sedang bongsor ini menguasai  73,4% pangsa pasar  segmen sedan medium meningkat dibandingkan
tahun sebelumnya yang   sebesar 51,9%.

Kinerja positif  juga ditunjukkan dengan penjualan mobil hibridfa atau hubrid electrified vehicle (HEV).  Pada jenis mobil ini TAM mampu menjual 2500 unit. Model C-HR HEV yang diluncurkan pada April 2019 lalu menjadi kontributor terbesar yakni  42,4%. Selain itu, model Camry HEV memberikan kontribusi penjualan  29,4%. Total penjualan HEV Toyota dan Lexus sepanjang 2019 mencapai 647 unit.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)