Toyota Merek Otomotif Paling Mahal

Merek adalah aset intangible. Meskipun kasat mata, praktisi pemasaran dan pendiri MARS Marketing Research mengemukakan bahwa nilai sebuah merek hampir setara dengan bagaimana pemilik membangun, membesarkan serta mengembangkan merek tersebut.

Nilai merek identik dengan berapa dana yang telah diinvestasikan dalam membangun merek tersebut. Majalah SWA sudah beberapa kali melakukan survei tentang nilai merek.

Bekerja sama dengan Brand Value Plc, London, dalam edisi tertentu kerap memuat berapa nilai sejumlah merek baik itu produk consumer group, otomotif, servs, perbankan, telko dan sebagainya.

Baru-baru ini Interbrand, anak usaha dari Omnicom Group, DAS Holding Inc-- konsultan merek yang mengkhususkan diri dalam bidang-bidang seperti strategi merek, analisis merek, penilaian merek, desain perusahaan, manajemen merek digital, desain kemasan-- melakukan survei mengenai brand value (nilai merek) yang termahal di dunia periode 2018.

Di sektor otomotif, peringkat termahal diraih oleh Toyota. Namun, secera keseluruhan  merek otomotif Jepang tersebut menduduki peringkat ke-7, setelah Apple, Google, Amazon, Microsoft, Coca-cola, dan Samsung. Dari data perushaaan yang telah memiliki cabang di 17 negara tersebut menunjukkan bahwa memimpin pasar otomotif di dunia. Interbrand memperkirakan nilai merek Toyota sekitar US$ 53,404 miliar atau naik sebesar 6% dari tahun lalu. Di bawahnya menyusul Mercedes-Benz yang juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 2% atau US$ 48,601 miliar.

Merek otomotif lainnya yang menduduki peringkat ketiga adalah BMW. Namun secara overall merek otomotif asal  Jerman tersebut menduduki posisi ke-13. Brand value BMW sebesar US$ 41,006 miliar. Honda yang menduduki posisi ke-20 dengan  nailai brand US$ 23,682 miliar atau naik 4%.

Menyusul kemudian Ford  (US$ 13,995 miliar), Hyundai di posisi 36 dengan US$ 13,535 miliar,  Nissan, Volkswagen, dan Audi di posisi yang saling berdekatan yakni 40,41, dan 42. Merek mobil  sport mewah Porsche  menduduki ranking  ke-52 dengan nilai brand US$ 10,707 miliar, Kia di posisi ke-71, dan Land Rover di posisi ke-78  dengan nilai US$ 6,221 miliar. Ferrari (US$5,76 miliar), Harley Davidson  dan Subaru. Mobil super pun berhasil masuk ke dalam daftar yang dipimpin oleh Ferrari (naik 18% menjadi US$ 5,76 miliar di posisi ke-80) dan diikuti oleh Harley Davidson dan Subaru.

Seperti juga riset yang dilakukan Beand Value Plc, untuk masuk ke daftar Interbrand  sangat sulit.  Selain transparsni kinerja perusahaan,  produsen otomotif   harus memenuhi beberapa persyaratan seperti setidaknya 30% pendapatannya harus berasal dari luar wilayah asalnya. Selain itu, merek harus memiliki kehadiran yang signifikan di Asia, Eropa, dan Amerika Utara.  Tentu kinerja keuangan juga dinilai.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)