Tren Penjualan Otomotif Meningkat Kuartal III/2020

Pada Kuartal keempat tahun ini pasar otomotif menunjukkan tren membaik. Target Gaikindo untuk penjualan otomotif nasional yang sebesar 525 ribu unit, bakal terlampaui. Demikian optimisme dari para pelaku bisnis otomotif.

Salah satu pemain otomotif nasional, yakni PT Honda Prospect Motor (HPM) percaya hal itu akan terjadi. Seperti dikemukakan oleh Yusak Billy, Business Inovation and Marketing & Sales Director HPM bahwa total penjualan  (whole sales) otomotif nasional per November lalu tercatat sebesar 497.800 unit. "Adanya tren penjualan yang meningkat sejak enam bulan terakhir. Kami optimistis target itu tercapai bahkan terlampaui," katanya dalam perbincangan dengan jurnalis via zoom, (10/12/2020)

HPM sendiri, tambah Yusak, mencatatkan peningkatan penjualan selama enam bulan berturut-turut pada penghujung tahun 2020 ini. Sebanyak 7.455 unit mobil Honda yang terjual pada bulan November lalu secara retail nasional, meningkat 13,6% dibandingkan penjualan bulan lalu. Secara total, Honda tercatat telah mengumpulkan penjualan sebesar 69.564 unit di tahun 2020 ini.

Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan Honda HR-V 1.5 L adalah produk terlaris di line-up Honda. Sepanjang bulan November lalu, Honda Brio Satya berhasil membukukan penjualan sebanyak 3.067 unit, diikuti oleh Honda Brio RS dengan penjualan sebanyak 1.190 unit. Secara total, penjualan Honda Brio memberikan kontribusi sebesar 57% dari total penjualan Honda pada bulan November.

Sementara itu, Honda HR-V 1.5 L mencatatkan penjualan sebanyak 1.021 unit, meningkat sebesar 26% dari bulan sebelumnya, lalu diikuti oleh Honda Jazz dengan penjualan sebanyak 660 unit meningkat 31% dari bulan sebelumnya, dan Honda Mobilio sebanyak 562 unit, meningkat 5% dari bulan sebelumnya.

Sedangkan model-model lainnya yang turut menyumbang penjualan di bulan November terdiri dari Honda CR-V sebanyak 529 unit atau meningkat 50% dari bulan sebelumnya, Honda BR-V sebanyak 157 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 108 unit meningkat 66% dari bulan sebelumnya, serta Honda HR-V 1.8 L sebanyak 74 unit yang meningkat 80% dari bulan sebelumnya. Sementara itu, Honda Civic Sedan telah terjual sebanyak 32 unit, diikuti Honda Accord sebanyak 22 unit, Honda City Sedan sebanyak 17 unit dan Honda Odyssey sebanyak 16 unit.

Yusak menambahkan, kendati pasar otomotif belum sepenuhnya stabil, tetapi HPM bersyukur bahwa Honda bisa  mempertahankan pertumbuhan penjualan positif hingga bulan November lalu. Pencapaian ini terutama didukung oleh pergerakan ekonomi yang didorong aktivitas masyarakat yang semakin meningkat, dan kontribusi penjualan oleh dealer-dealer di berbagai daerah di Indonesia yang secara aktif terus menjalin komunikasi dengan konsumen dan menawarkan program-program penjualan yang meringankan pembelian. "Kami yakin bahwa tren peningkatan penjualan ini dapat kami pertahankan hingga akhir tahun, di mana secara secara umum biasanya lebih banyak konsumen yang akan melakukan pembelian,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)