Truck Campaign Dongkrak Penjualan Mitsubishi Fuso

Kreativitas pemasaran sangat diperlukan di era pasar yang makin kompetitif. Apalagi kalau kompetitor muncul dengan sejumlah produk yang mengampanyekan tentang keunggulan produknya serta melakukan promosi langsung ke konsumen. Kiprah kompetitor ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Sejak kompetitor terus melakukan penetrasi pasar, Mitsubishi Fuso melakukan road show Truck Campaign ke 26 kota di Tanah Air yang sangat potensial untuk bisnis angkutan dan logistik.

Cara pemasaran di atas diklaim  erhasil. Bahkan cara itu oleh Duljatmono, Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB),  menjadi salah satu faktor pendongkrak penjualan Mitsubishi Fuso. " Di setiap kota rata-rata penjualan di atas 200 unit. Sebagai contoh, pada kegiatan terakhir di Pekanbaru akhir pekan lalu telah membukukan penjualan 499 unit," katanya dalam keterangan resminya (Selasa,18/12/2018)

Selama Januari-Oktober 2018 Mitusbishi Fuso telah terjual 45.967 unit atau meningkat 29,9 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Perolehan ini menjadikan  truk yang akrab dengan sebutan "Kepala Kuning" tersebut meraih pangsa pasar 43,9 persen. Segmen Light Duty Truck (LDT) masih memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan sebesar 88 persen yang diikuti Medium Duty Truck (MDT) sebesar 11 persen dan Heavy Duty Truck (HDT) sebesar 1 persen. "Pencapaian penjualan sebesar 45.967 unit di luar ekspetasi bahkan di luar target yang kami tetapkan," tambah  Duljatmono.

Pasar komersial  untuk truk tumbuh di atas 25 persen karena aktivitas perekonomian kembali berjalan lancar. Mitusbishi Fuso memiliki pasar terutama di segmen  bisnis perkebunan terutama kelapa sawit sebesar 30 persen, pertambangan 25 persen, logistik 20 persen dan pasar ritel modern 15 persen.

Selain mengedukasi konsumen, Truck Campaign ini juga sebagai wahana dari KTB  untuk memperkenalkan produk andalannya Mitsubishi Fighter, truk ringan generasi terbaru dariMitsubishi. Respons masyarakat terhadap produk baru tersebut dinilai cukup tinggi. Dan, ini bisa dilihat dari penjualan truk tersebut selama masa Truck Campaign.

Mitsubishi Fighter  mengusung mesin 4D34-2AT8 Turbo Intercooler, Irit, bertenaga dan tahan lama berteknologi Common Rail yang dapat menyesuaikan standar Euro 4 serta bahan bakar B20,. Truk ini memiliki keunngulan pada performa kuat, desain modern, keamanan dan kenyamanan berkendara, serta program pendukung dari sisi 3S (sales, service, spare parts). Fighter ini diharapkan dapat menjadi primadona baru di segmen medium duty truck dan menjadi penerus produk sebelumnya.  KTB optimistis bisa meraih angka penjualan yang lebih tinggi lagi menjelang tutup tahun 2018. "Saya tetap optimistis, Fuso bisa menjadi bintang pada kendaraan komersial dan bisa membantu ekonomi rakyat," ujar Duljatmono..

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)