Wuling Baojun Akan Diperkenalkan Tahun Depan

GMAuthority

PT SGMW Indonesia---APM Wuling di Indonesia—tampaknya makin agresif masuk ke pasar otomotif nasional. Setelah meluncurkan produk nya LMPV Wuling Confero, raksasa otomotif itu berencana meluncurkan kembali mobil MPV nya Wuling Baojun. Meski belum resmi diumumkan, tapi tampaknya  diluncurkan pada 2018 mendatang, tentunya dengan nama lain. Mobil ini ditempatkan di atas Confero S, karena mengusung mesin dengan kubikasi 1800 cc naturally aspirated  yang bertenaga  143 hp.

Presiden Direktur SGMW Indonesia, Xu Feiyun, pada saat peresmian pabrik di Cikarang beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya akan meluncurkan produk keduanya setelah Confero S.   Rencananya, produk tersebut  MPV tujuh penumpang atau Wuling Confero dengan mesin yang lebih kecil. Namun, yang tampak dalam uji coba  dijalan-jalan di Jakarta bebebrapa lalu ditengarai adalah Baojun

Baojun  dibuat dengan menggunakan 50 persen rangka baja. Selain itu, di negeri Tirai Bambu sendiri, mobil  ditawarkan dalam dua varian mesin yakni 1.5-liter  (110 dk) dan 1.8-liter  (135 dk) akan berpenggerak roda depan.

Baojun  730  diposisikan akan bersaing di segmen Toyota Innova, Isuzu Panther dan produk lainnya. Namun, mobil ini memiliki dimensi  lebih kecil dari  Innova. Dimensi panjang 730 4.685 mm sedangkan  Innova 4.735 mm. Lebar dan tinggi produk China ini 1.785 mm dan 1.745. Sementara Innova1.830 mm dan 1.795 mm. Walau demikian, 730 lebih besar dari Toyota Avanza.  Dimensi Baojun 730 mungkin mirip dengan  Proton Exora yang bermain di antara Avanza dan Innova.

Wuling Baojun 730 diklaim  memiliki sistem keamanan yang cukup canggih. Selain rangka yang terbuat dari baja, mobil ini juga dilengkapi dengan empat buah airbags,  rem ABS (anti-lock brakes system) dan electronic brakes force distribution (EBD) serta ISOFIX. Wuling juga menawarkan opsi paket keamanan berkendara seperti electronic stability program (ESP). Interior dalamnya menggunakan  sistem audio bermonitor 8” berikut fitur layar sentuh. Sistem koneksi kendaraan meliputi HDMI ataupun bluetooth serta dilengkapi  dengan menyediakan port USB guna memainkan musik.

Tempat duduk di jok baris kedua MPV ini cukup nyaman. Tipe captain seat membuat privasi terjaga. Apalagi ada arm rest di tiap jok membuat penumpangnya lebih rileks. Semua tipe 730 baik yang Standar, Comfort atau Luxury memiliki   model jok seperti ini. MPV tujuh Pembeda utama yang terlihat antara ketiganya adalah sun roof untuk pada tipe tertinggi.

Sun roof tersedia untuk varian Luxury. Soal AC, sistem double blower tersedia untuk semua tipe. Menariknya, adalah power outlet di samping tombol pengatur double blower yang ada di bagian belakang konsol tengah. Ketika semua mobil masih menerapkan power outlet 12 V model soket, 730 sudah memberikan model dermaga USB. Biasanya model ini menyatu dengan head unit atau diletakkan di dalam glove box.

PT SGMW Indonesia belum menentukan  harga yang efisien layaknya Confero S. Namun, mobil-mobil yang asal negeri China  tersebut dikenal  dengan harga yang kompetitif dibanding pesaignya  serta sangat irit BBM.  Konsumsi BBM mobil ini rata-rata 14 km per liter. (Rian S)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)