Wuling Makin Percaya Diri Garap Pasar Indonesia

 

Foto: You Tube

Meski penjualan Wuling tidak semoncer Xpander, namun sebagai pendatang baru, mobil LMPV dari China ini cukup mendapat respons darikonsumen di Indonesia. Sejak dirilis pada Juli bersamaan dengan acara GIIAS 2017 lalu, penjualan mobil ini, terutama varian Confero S sudah mencapai 2000-an unit/bulan.  Respons inilah tampaknya yang menjadikan PT SGMW Indonesia atau Wuling Indonesia—APM Wuling di Indonesia (WI)— bersemangat untuk meluncurkan model baru, meski harus berhadapan dengan kompetitor yang lebih dulu eksis di pasar.

WI berencana akan meluncurkan kembali produk Wuling Confero dengan kubikasi mesin yang lebih kecil, yakni 1200 cc, yang langsung masuk segmen LCGC (Low Cost Green Car).   Harga yang dibanderol pun sangat murah yakni Rp 88 juta (off road) , lebih murah ketimbang produk LCGC lainnya.  Model yang dipasarkan di China dengan nama Hongguang ini bermesin 1.200 cc yang dDOHC 16 valve, 80 Hp dan torsi 108 Nm pada putaran 4.400 rpm. Tenaga tersebut di salurkan ke sistem penggerak roda depan melalui transmisi lima percepatan manual. Mesin init mampu melesat hingga 140 kpj. Sedangkan dari sisi dimensi, tidak ada perbedaan dengan model Confero 1.500 cc yang sudah beredar di pasar Indonesia.

Produk kedua Wuling akan segera meluncur di Indonesia awal tahun depan,  adalah Wuling Cortez.  Mobil tujuh penumpang  sekelas Innova dengan harga setara Avanza dan Xpander ini sudah mulai diuji coba di jalan-jalan Jakarta. Wuling Cortez, meski seharga Avanza, namun memiliki  berbagai fitur canggih dan modern disematkan di dalam mobil ini, mulai dari ESC, HSA, 6 buah airbags, electronic parking brake, light sensor, auto rain sensor, AC digital dan head unit ala iDrive  hingga sunroof akan menghiasi kabin Wuling Cortez.

Wuling Cortez untuk pasar Indonesia belum diketahui, apakah menggunakan  mesin turbo 1.500 cc dengan transmisi kopling ganda atau yang bermesin 1800 cc.  Varian mesin 1.800 cc bensin akan dikawinkan dengan transmisi 6 speed MT dan 6 speed AMT.  Menurut salah satu sales Wuling yang ditemui Swa.co.id di Kalibata Mall, Wuling Cortez akan dijual sekitar Rp 250 juta untuk tipe tertingginya. Artinya dengan harga yang setara dengan Xpander, Avanza, Ertiga dan Mobilio, kita bisa mendapatkan mobil sekelas Innova.

Namun begitu, WI belum mengumumkan kapan kedua mobil tersebut bakal diluncurkan. " Yang kami lakukan adalah memperkenalkan Wuling kepada masyarakat. Termasuk melakukan ujicoba dengan media ini salah satu wujud dari memperkenalkan keunggulan Wuling Confero. Komitmen kami  tentunya tak perlu diragukan lagi, bisa dilihat dari program garansi dan investasi yang kami lakukan meliputi pabrik juga jaringan pemasaran yang tersebar di wilayah Indonesia," ujar Dian Asmahani, Brand Manager WMI.

Sekarang WI tengah mengembangkan jaringan dealer di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hingga kini telah 40 dealer beroperasi dan hingga akhir 2017 akan ada 50 dealer.  Selain itu, WI juga menjamin  ketersediaan suku cadang yang dijamin harganya lebih murah dari kompetitor. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)