Yaris Kuasai Segmen Hatchback

Mobil hatchback  terbaru  dari Toyota, Toyota All New Yaris baru diluncurkan pada 20 Februari 2018 lalu.  Namun pada  penjualannya langsung melejit  dan terjual  1.109 unit, mengudeta penguasa di segmen ini  Honda Jazz.  All New Yaris menguasai 40,12%  dari total penjualan mobil segmen hatchback selama Februari.  Demikian  keterangan resmi dari PT Toyota Astra Motor (TAM)--Agen Pemegang Merek Toyota di Tanah Air.

Persaingan pasar di segmen hatchback  sangat ketat. All   New Yaris harus menghadapi kompetitor--selain Honda Jazz-- antara lain : Suzuki Baleno,  Honda Civic 5D, Mazda 2, VW Polo, Mini Cooper, KIA All New Rio, Hyundai i20, VW Golf, Suzuki Swift, Hyundai Grand Avega, dan Nissan Livina X-Gear. Namun New Yaris, terus melejit menyalip kompetitornya.

TAM optimistis dapat menutup tahun ini dengan angka penjualan Yaris sebanyak 1.200 unit per bulan. Target tersebut akan membuat Yaris tumbuh 33,95% dibandingkan tahun lalu. Krena mobil baru ini didesain dengan menerapkan konsep dan nilai baru yang diklaim bisa merdefinisikan kepuasan pelanggan di masa depan.  New Yaris diklaim bisa menciptakan penggemar baru Toyota terutama di Indonesia. "Saya optimistis New Yaris akan memperoleh penggemar baru di sini," kata Akira Kasamatsu, Toyota Yaris, Deputy Chief Engineer Toyota Motor Corporation, melalui keterangan resminya di Jakarta (18/3/2018).

Toyota New Yaris  diposisikan untuk para kawula muda.  Mobil ini didesain dengan ciri sportif, dilengkapi  dengan fitur keselamatan yang semakin lengkap sehingga nilai keselamatannya makin tinggi. Gril depan ( front grille)  didesain  menyatu dengan lampu utama hingga buritan. Lampu DRL (daytime-running lights) yang menyatu dengan grille. Khusus New Yaris TRD Sportivo, aura racing dan sportif diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler dan sekaligus menjadi pembeda pada varian teratas ini.

Menurut  Henry  Tanoto, Vice President Director TAM, Yaris akan memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan karena mobil ini  tidak hanya untuk memperkuat posisi di segmen medium hatchback yang kian dinamis, tapi juga untuk meningkatkan total ownership experience. "Umumnya  konsumen hatchback adalah tampil dinamis.  Dan kami  yakin  kami bisa  mempertahankan dan memperoleh konsumen baru yang berjiwa muda," katanya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), New Yaris berkontribusi terhadap pertumbuhan segmen sedan buntung. Pada Februari lalu, penjualan pabrik ke diler hatcback naik 17,64% menjadi 2.764 unit.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)