Barista Bisa Jadi Profesi Menjanjikan

Bagi kamu yang memang menyukai kopi, tentu sudah tak asing lagi dengan barista. Profesi sebagai peracik kopi ini memang cukup bergengsi di kalangan anak muda. Selain memiliki kemampuan mengolah kopi yang baik, seorang barista juga harus bisa berkomunikasi dengan baik.

Barista (source : smart-money.co)

Barista (source : smart-money.co)

Sebab, barista akan menjadi ujung tombak sebuah kafe agar bisa terkenal. Seorang baris yang andal, bisa memiliki penghasilan yang besar, yakni mencapai Rp8 juta. Asal, kata pendiri kafe ABCD Ve Handojo, barista tersebut mau mengembangkan dirinya ke berbagai hal.

Harus diakui, pendapatan barista di Indonesia memang tergolong kecil. Di Australia misalnya, gaji barista bisa menyamai seorang insinyur. Profesi barista sendiri bisa berkembang menjadi Q Grader dan R Grader.

Bila kamu berminat mencoba profesi ini, kamu bisa mulai dengan mencari sekolah untuk barista. Di Jakarta sendiri terdapat banyak pilihan sekolah barista, salah satu yang terkenal ada Anomali Coffee.

Kemudian masih ada Universita Del Caffe, Master Barista Course di UDC dan lainnya. Profesi ini punya banyak kemungkinan.

Bila kamu memang berminat, kamu bisa mulai dari sekarang dan membuat dirimu sendiri terkenal atau bahkan punya kafe sendiri. Semoga beruntung.

Source : smart-money.co

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 5 =