BCA, Bank Pelapor Terbaik Terkait Devisa

PT Bank Central Asia Tbk mendapatkan penghargaan sebagai bank pelapor terbaik pertama, terkait lalu lintas devisa, devisa hasil ekspor, sistem infomasi debitur (SID), dan laporan bulanan bank umum (LBU).

Jakarta, 15 Desember 2015

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendapatkan penghargaan sebagai bank pelapor terbaik pertama, terkait lalu lintas devisa, devisa hasil ekspor, sistem infomasi debitur (SID), dan laporan bulanan bank umum (LBU). Penghargaan tersebut datang dari Bank Indonesia.

(Penghargaan) ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus wadah pertukaran informasi antar-pengambil kebijakan dan pelaku usaha serta antar-sesama pengusaha untuk saling menggali potensi untuk bersinergi dan bermitra kerja,” papar siaran pers Bank Indonesia terkait penghargaan tersebut, dalam situs web resminya, Senin (14/12/2015).

Penghargaan diserahkan dalam acara Temu Akhir Tahun, Senin malam, oleh Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo. Hadir dalam penyerahan itu, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro.

Penilaian untuk mendapatkan penghargaan dilakukan berdasarkan kinerja pelapor setiap tahun. Kriteria umumnya antara lain kepatuhan terhadap ketentuan BI, kualitas dan kuantitas data, ketepatan penyampaian laporan, serta kerja sama dan kecepatan respons petugas pelapor terkait kepatuhan terhadap ketentuan BI.

Penentuan eksportir terbaik untuk pelaporan DHE menggunakan kriteria jumlah atau nilai DHE yang diterima, rasio nilai DHE terhadap Freight on Board (FOB), Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) yang sesuai (matched), rasio kelengkapan dokumen pendukung PEB, dan pernah/tidaknya eksportir dikenakan sanksi.

Adapun pelapor terbaik untuk pelaporan ULN ditentukan berdasarkan ketaatan pelaporan Kegiatan Penerapan Prinsip Kehati-Hatian (KPPK), pemenuhan rasio hedging, jumlah outstanding ULN, jumlah referensi ULN, dan ketepatan waktu penyampaian laporan.

Sementara itu, untuk penetapan bank sebagai pelapor terbaik ditentukan antara lain berdasarkan kepatuhan terhadap ketentuan pelaporan DHE, LLD, LBU, dan SID. Pada tahun ini Bank Indonesia juga memberikan penghargaan khusus kepada 3 (tiga) eksportir berkinerja baik yang beroperasi di wilayah yang terkena dampak kabut asap di Sumatera dan Kalimantan.

Berikut para penerima penghargaan tersebut:

 


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Pemenang Motor Gebyar Tahapan BCA
Abadikan Momen Gembira Sebagai Pemenang Motor dari GTB 2015

Rona wajah bahagia dan juga senyuman tidak dapat disembunyikan saat siapa saja mengalami momen-momen kebahagiaan. Percayakah Anda, kebahagiaan juga bisa...

Close