BCA Dukung Perkembangan StartUp Fintech

Ada persepsi bahwa bisnis financial technology atau Fintech bisa mematikan keberadaan bisnis konvensional, ini belum tentu benar. Kita sudah melihat banyak bukti nyata bahwa lembaga keuangan, seperti Bank, Perusahaan pembiayaan, dan asuransi bisa bersinergi dengan perusahaan-perusahaan fintech. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) misalnya menjadi salah satu perusahaan yang aktif dalam mendorong lahirnya start up di bidang financial technology.

Beberapa waktu lalu misalnya, BCA menggelar sebuah kontes bertajuk Financial Technology Hackathon (Finhacks) guna menajaring ide-ide dan terobosan baru dalam sistem pembayaran digital. Terbaru, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), BCA mengadakan sebuah Talkshow bertemaGeliat Teknologi Finansial di Indonesia” yang dihadiri kurang lebih 120 peserta, yang terdiri dari 62 mahasiswa PPA dan PPTI, mahasiswa bidang TI di Jabodetabek, penggiat start-up digital di Jabodetabek dan pelaku industri finansial.

Talkshow Bakti BCA

Talkshow Bakti BCA

Kepala Satuan Kerja Corporate Social Rensponsibility (CSR) BCA Inge Setiawati menjelaskan, acara tersebut merupakan hasil kerjasama BCA dengan Code Margonda. Acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber di industri Fintech antara lain seperti VP & Head of Product Amartha, Aria Widyanto; Technical Evangelist Pinjam.co.id; Sofian Hadiwijaya, dan CTO Kudo Sukan Makmuri. Ketiga pemateri tersebut hadir guna menyosialisasikan perkembangan fintech, tantangan, dan peluang-peluang yang bisa di garap di era teknologi saat ini. Ia menambahkan bahwa, kegiatan yang dilakukan BCA ini mempunyai tujuan yang selaras dengan pemerintah yang menargetkan target inklusi atau penetrasi layanan jasa keuangan sebesar 75% di tahun 2019. ”Kami berharap forum-forum diskusi ini dapat semakin mendorong dan merangsang kreativitas generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dalam menciptakan bisnis start-up yang inovatif, terutama mengingat kondisi demografi yang Indonesia yang mayoritas berusia muda,” ujar Inge.

Talkshow kali ini sendiri sebenarnya bukan talkshow pertama kali yang dilakukan BCA/ Sebelumnya BCA juga telah menggelar talkshow bertajuk Kafe BCA yang mengangkat tema “Inovasi Teknologi sebagai Nilai Tambah Perusahaan” dan menghadirkan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, EVP IT BCA Hermawan Thendean, Dosen, Technopreneur Romi Satrio Wahono, Head of Marketing Communication PT Dwidaya Worldwide Yanty Wijaya, Bapak Blogger Indonesia Enda Nasution, dan Juara 1 BCA Finhacks Fariz Tadjoedin sebagai pembicara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
BCA Surabaya Run 2016
Hidup Sehat Dengan Lari. Ayo, Ikuti BCA Surabaya Run 2016!

Aktivitas keseharian yang padat dan melelahkan membuat kita sering tidak sempat berolahraga dan mengabaikan kesehatan. Padahal, kalau kita peduli dengan...

Close