BCA Tanam 18.000 Bibit Mangrove Demi Lestarikan Lingkungan

Masih dalam rangkaian kegiatan sosial HUT ke-58, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerja sama dengan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia serta pengelola Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo melaksanakan penanaman bibit pohon mangrove di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (18/3) lalu.

BCA Tanam 18.000 Bibit Mangrove Demi Lestarikan Lingkungan

BCA Tanam 18.000 Bibit Mangrove Demi Lestarikan Lingkungan

Penanaman mangrove ini dilakukan oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, CEO WWF-Indonesia Efransjah, direksi anak perusahaan BCA, Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati, serta sejumlah karyawan BCA dan anak perusahaan BCA (BCA Insurance, BCA Syariah, BCA Sekuritas, BCA Life dan CS Finance).

Acara ini menandai penanaman 18.000 bibit mangrove yang akan dilakukan secara serentak di sembilan kawasan, yakni Lamujung (Aceh Besar), Tanggamus (Lampung), Muara Gembong (Jawa Barat), Blanakan Subang (Jawa Barat), Muara Kali Opak (Jogjakarta), Teluk Lamong (Surabaya), Wringin Putih (Banyuwangi), Sumberkima (Bali) dan Bengkayang (Kalimantan Barat).

Menurut Efransjah, penanaman mangrove merupakan bagian dari program NEWtrees yang diinisiasi oleh WWF-Indonesia yang berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem prioritas di tingkat bentang alam. Program ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengintegrasikan pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan, serta berkontribusi dalam mewujudkan komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen pada 2020 melalui perbanyakan penanaman pohon dan reforestasi.

“Dalam penanaman mangrove, WWF-Indonesia menjadi penyambung antara publik dan korporasi seperti BCA dengan masyarakat di sekitar areal penanaman. Masyarakat juga akan diperkaya dengan kegiatan budidaya baik kepiting atau ikan yang menggunakan mangrove sebagai area pemijahan. Kami berharap BCA sebagai salah satu aset terbesar negara bisa berada di depan dan mengajak bank-bank lainnya untuk ikut menjadi bagian dari upaya konservasi lingkungan ini. Apalagi pimpinannya juga orang yang sadar lingkungan,” ucap Efransjah.

Sapto Rachmadi, Head of CSR BCA menjelaskan dana CSR yang dikucurkan untuk program penanaman 18.000 bibit pohon mangrove ini mencapai Rp 1,5 miliar. “Ke depannya, kami juga ingin memperhatikan soal terumbu karang. Kami melihat terumbu karang ini di beberapa tempat juga sudah mulai terancam. Jadi tahun depan bisa saja ke arah situ,” katanya.

Sinergi BCA dengan WWF-Indonesia ini memang bukan yang pertama kalinya. Dalam lima tahun terakhir, BCA telah melakukan berbagai aksi kepedulian lingkungan seperti reforestasi hutan Rinjani, penghijauan hulu sungai di Puncak, Bogor, hingga konservasi penyu di Pantai Pangumbahan. Belum lama ini BCA juga mengadakan edukasi lingkungan bersama LSM Pecinta Lingkungan dalam acara bertajuk BCA Green Stage di Jakarta.

Lingkungan hidup menjadi fokus kegiatan ulang tahun dan CSR BCA tahun ini. Bumi yang kita tinggali merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak-cucu. Oleh karena itu, hari ini BCA bersama WWF-Indonesia menanam 18.000 bibit pohon mangrove di sembilan kota yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Diharapkan upaya ini memberi dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem setempat dan secara sosial ekonomi bagi masyarakat di kawasan tersebut,” ungkap Jahja Setiaatmadja dalam sambutannya.

Jahja menyatakan bahwa upaya-upaya pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan, mengingat hutan mangrove memberikan manfaat yang begitu besar bagi penduduk Indonesia yang sekitar 40-50 persen tinggal di daerah dekat pantai. Di antara manfaatnya adalah mampu mencegah abrasi, tsunami, dan peresapan air laut ke daratan. Perlu peran serta seluruh elemen bangsa untuk bahu-membahu memberikan kontribusi dalam pelestariannya, dan BCA merasa terhormat dapat ikut ambil bagian dari upaya mulia tersebut.

“Semuanya kami lakukan untuk membuktikan komitmen kami untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para nasabah setia BCA yang telah mempercayakan kebutuhan perbankannya kepada kami selama 58 tahun. Kami berharap ke depannya kami bisa terus meningkatkan kualitas dalam melayani nasabah, sehingga BCA mampu membuktikan diri sebagai bank swasta nasional terdepan di Tanah Air,” tandas Jahja.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 14 =