Bung Hatta, Tabungan, dan Sepatu Bally (1)

Dalam sejarah Indonesia, Muhammad Hatta (Bung Hatta) punya peran penting dalam proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Bung Hatta sendiri terkenal sebagai sosok yang sederhana, jujur dan punya prinsip kuat serta selalu menepati janji.

Hal itu ia buktikan salah satunya dengan janji bahwa ia tak akan menikah sebelum Indonesia mencapai kemerdekaannya. Selama tiga bulan setelah teks proklamasi kemerdekaan dibacakan, Bung Hatta akhirnya baru menikah.

Bung Hatta (source : smart-money.co)

Bung Hatta (source : smart-money.co)

Ia menikah di usia 43 tahun, tepatnya pada 18 November 1945. Ketika menikah pun, mas kawin Bung Hatta pada Rahmi Rachim pun sederhana, yakni sebuah buku berjudul Alam Pikiran Yunani yang merupakan karangannya sendiri.

Buku tersebut ia tulis semasa menjadi tahanan Belanda di Banda Neira pada 1930an. Bung Hatta juga punya sifat yang membuat banyak orang kagum, ia orang yang sangat sederhana, jujur, santun dan terutama hemat.

Hal tersebut tertulis dengan jelas dalam buku biografi Muhammad Hatta, Untuk Negeriku. Dalam buku tersebut banyak terungkap kisah-kisah mengharukan dari kehidupan Bung Hatta semasa hidupnya.

Buku itu juga menjadi wadah dari impian-impian Bung Hatta yang tak pernah bisa terwujud hingga akhir hayatnya. Terdapat sebuah impian sederhana namun sangat menarik. Bung Hatta bermimpi memiliki sepatu dengan merek Bally.

Mimpi tersebut terungkap ketika sebuah potongan kertas dengan gambar sepatu bermerek Bally dalam buku hariannya. Putri Bung Hatta menjadi orang pertama yang menemukan potongan kertas itu, setelah Bung Hatta meninggal.

Di masa itu, sepatu Bally sangatlah terkenal dan layaknya kebanyakan orang, Bung Hatta juga ingin memilikinya. Namun, karena tak mampu membeli sepatu itu, Bung Hatta pun menggunting potongan iklan sepatu Bally tersebut dan menyimpannya dalam buku hariannya.

Berlanjut ke bagian kedua untuk mengetahui kisah selanjutnya.

Source : smart-money.co


Baca juga:

Bung Hatta, Tabungan, dan Sepatu Bally (2)

 


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 1 =