Cara BCA Menjadi Perusahaan Idaman Generasi Muda

BCA Career Land

BCA Career Land

Saat ini, generasi muda mendominasi populasi karyawan di banyak perusahaan. Generasi yang dikenal sebagai Gen Y ini memiliki sejumlah karakteristik yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Misalnya saja, lebih berpikiran terbuka, sangat peduli dengan work-life balance, serta akrab terhadap teknologi. Alih-alih menjadikan uang sebagai satu-satunya motivasi kerja, Gen Y justru sangat berdedikasi pada pekerjaan yang sesuai passion mereka.

Oleh karenanya, semakin penting bagi setiap perusahaan untuk melakukan employer branding, yakni mengambil langkah aktif dalam mengomunikasikan pemahaman serta membentuk persepsi yang diinginkan mengenai perusahaan tersebut sebagai tempat bekerja. Dengan melakukan upaya employer branding yang tepat sasaran, niscaya perusahaan akan mendapatkan the right talents dengan right mindset dan right expectation.

Hal inilah yang mendasari PT Bank Central Asia (BCA) untuk menggelar BCA Career Land pada Sabtu (21/11) lalu di The Hall Senayan City, Jakarta. Acara ini adalah pintu pengenalan mengenai dunia kerja di bidang perbankan, khususnya BCA. Kegiatan bernuansa pop art yang penuh warna ini dikemas sedemikian rupa sehingga para peserta, yang merupakan mahasiswa/i dan lulusan baru, dapat menemukan karier yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki.

BCA Career Land

BCA Career Land

BCA Career Land menampilkan area eksplorasi unit kerja dan anak perusahaan BCA, talkshow, serta career lounge. Peserta diajak mengelilingi tujuh area, yaitu Life at BCA, Regional & Branch Banking, Retail & Commercial Banking, Individual Banking, Corporate Banking, Operation & Information Technology, dan BCA Group. Peserta dapat melihat rangkaian proses dan merasakan representasi suasana kerja yang membangun serta menyenangkan.

SDM adalah produk utama BCA

Pada acara ini, dihadirkan sejumlah pembicara untuk berbagi insight dalam membangun karir, yaitu Direktur BCA Armand Hartono, Chief Manager BCA Hendra Tanumihardja, dan Aeran Ismail dari LinkedIn. “Di BCA, kami punya prinsip 3K yaitu Kesehatan, Keluarga, dan Kerja. Kita memang harus menjadi yang terbaik dalam kerja. Tapi jika mengabaikan kesehatan dan keluarga, semuanya sia-sia,” ucap Armand Hartono kepada para peserta talkshow.

BCA Career Land

BCA Career Land

Armand menekankan pentingnya SDM sebagai kekuatan utama BCA dalam melayani nasabah. “Produk utama BCA adalah manusianya. Mulai dari teller, customer service, serta para pendukung di baliknya, termasuk para inovator dan coach yang mempersiapkan bagaimana seluruh tim bisa kompak dan kinerjanya terus meningkat. Sebagai institusi yang bertanggung jawab memproses 30 persen transaksi di negara ini, kami berkomitmen untuk mencari SDM terbaik,” tandasnya.

Armand menambahkan, “Apapun jurusan Anda, tidak jadi soal. BCA memiliki banyak unit bisnis yang membutuhkan SDM dari berbagai jurusan. Toh ketika Anda bekerja nantinya akan terus belajar hal baru setiap hari, setiap saat, di mana pun juga.” Selain memiliki learning center yang fokus pada pengembangan ribuan karyawannya, BCA juga memiliki berbagai komunitas sesuai minat karyawan. Sebut saja pecinta alam, fotografi, memancing, basket, catur, menyanyi, dan sebagainya.

Di BCA ada banyak superhero yang siap memberi solusi terbaik bagi nasabah. Karena mereka semakin lama semakin tua, diperlukan regenerasi dari waktu ke waktu. Setiap individu di ruangan ini pasti memiliki superpower masing-masing, ada yang sudah mengetahuinya, ada yang belum. Melalui BCA Career Land ini, kami ingin mencari superhero-superhero muda untuk generasi berikutnya,” ujar Armand menutup penyampaiannya.

Membuka mata generasi muda

Selain dikemas dalam bentuk talkshow dan berbagai booth yang merepresentasikan lingkungan kerja di industri perbankan, BCA Career Land menyediakan lounge yang nyaman bagi peserta untuk berkonsultasi dengan praktisi Human Resource BCA. Peserta dapat membahas bidang pekerjaan yang sesuai dengan passion dan skill yang dimiliki. Dengan konsultasi ini, diharapkan peserta menemukan gambaran pekerjaan yang ingin dijalani serta semakin yakin untuk mengawali kariernya.

BCA Career Land

BCA Career Land

Lena Setiawati, Kepala Divisi Pembelajaran & Pengembangan BCA, menyebutkan bahwa BCA Career Land bukanlah bagian dari aktivitas rekrutmen BCA, melainkan murni bertujuan untuk mengedukasi para mahasiswa mengenai jenis-jenis pekerjaan di perbankan, khususnya BCA. “Biasanya, yang mereka tahu hanya yang tampak dari luar saja. Dengan lebih banyak mengetahui dari dalam, mereka diharapkan bisa memantapkan minatnya sejak dini,” ujarnya.

Selain dikemas dalam tampilan pop art dan dipenuhi games yang sesuai dengan karakter anak muda, ia mengungkapkan bahwa di acara ini pihaknya juga memberdayakan karyawan BCA yang masih relatif muda. “Agar bahasanya sama dan lebih mengena bagi para peserta,” ujar Lena.

Melihat respon yang positif dari para peserta dari berbagai universitas di Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya, Lena mempertimbangkan untuk menggelar BCA Career Land secara periodik, maupun mengemas kegiatan ini dengan cara lain guna lebih memperluas jangkauannya.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =